Pembelajaran PPKN Berbasis Issue-Issue Kontroversial Di Media Massa Kolaborasi Make A Match Untuk Meningkatkan Higher Order Of Thinking Skill (Hots) Di Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020

Bagas Permana, Sena and , Dr. Ahmad Muhibbin, M.Si (2019) Pembelajaran PPKN Berbasis Issue-Issue Kontroversial Di Media Massa Kolaborasi Make A Match Untuk Meningkatkan Higher Order Of Thinking Skill (Hots) Di Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Publikasi.pdf

Download (208kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model penerapan Pembelajaran PPKn Berbasis Issue-Issue Kontroversial di Media Massa Kolaborasi Make A Match terhadap peningkatan Higher Order Of Thinking Skill (HOTS) pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yang berjenis Pre-eksperimental. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta pada bulan April sampai dengan Juli 2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah 20 siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan teknik analisis uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh model penerapan Pembelajaran PPKn Berbasis Issue-Issue Kontroversial di Media Massa Kolaborasi Make A Match terhadap peningkatan Higher Order Of Thinking Skill (HOTS) pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang menunjukan bahwa hasil nilai rata - rata pada uji pretest sebesar 8,45 sedangkan nilai rata - rata pada uji posttest yang di dapatkan sebesar 11,50. Nilai thitung yang di dapatkan sebesar -7,377 sedangkan nilai t tabel sebesar – 2,100. Nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel dan nilai signifikan p value kurang dari 0,05 (0,00<0,05) maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model penerapan Pembelajaran PPKn Berbasis Issue-Issue Kontroversial di Media Massa Kolaborasi Make A Match terhadap peningkatan Higher Order Of Thinking Skill (HOTS) pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan tabel Interval Koefisien Tingkat Hubungan maka dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi yang didapatkan termasuk dalam kategori tinggi (0,600-0,800 = Tinggi). Dapat disimpulkan bahwa model penerapan Pembelajaran PPKn Berbasis Issue-Issue Kontroversial di Media Massa Kolaborasi Make A Match sangat efektif terhadap peningkatan Higher Order Of Thinking Skill (HOTS) pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Issue-Issue Kontroversial, Make A Match, Higher Order Of Thinking Skill (HOTS)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: SENA BAGAS PERMANA
Date Deposited: 22 Nov 2019 06:47
Last Modified: 22 Nov 2019 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/79458

Actions (login required)

View Item View Item