PERANCANGAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PENCERNAAN, PERNAFASAN, DAN PEREDARAN DARAH UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII KURIKULUM 2006 BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8

PRABOWO, TRI (2010) PERANCANGAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PENCERNAAN, PERNAFASAN, DAN PEREDARAN DARAH UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII KURIKULUM 2006 BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D400040031.pdf

Download (35kB)
[img] PDF
D400040031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sistem pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash 8 merupakan pembelajaran yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Sistem pembelajaran interaktif yang dibuat oleh penulis yaitu ”Perancangan Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan, Pernafasan, dan Peredaran Darah untuk Sekolah Menengah Pertama Berbasis Macromedia Flash 8”. Tujuan yang ingin dicapai penulis dari pembuatan pembelajaran interaktif ini yaitu: (1) merancang dan membuat program pembelajaran interaktif sistem pencernaan, pernapasan, dan perdaran darah dengan macromedia flash 8. (2) Mengetahui pemrograman action script. (3) Menghasilkan pembelajaran sistem pencernaan, pernapasan, dan peredaran darah yang menarik dan mudah dipelajari sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan cepat.Membantu para guru dalam proses belajar mengajar sistem pencernaan, pernapasan, dan peredaran darah. Ada dua perangkat yang dibutuhkan dalam pembuatan program aplikasi ini, yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras meliputi laptop / PC(Personal Computer) dengan dan mix. Perangkat lunak, meliputi software animasi macromedia flash 8 profesional, adobe photoshop CS 3, cool Eeit pro versi 2.0. Proses pembuatan program ini dapat digolongkan menjadi beberapa proses sesuai dengan pembuatan tipe file yang mendukung program, diantaranya adalah proses pembuatan image yang merupakan konsep dasar program ini, kemudian memproses suara–suara yang diinginkan dengan merekam suara. Selanjutnya adalah proses pembuatan animasi yang disertai integrasi suara, image dan beberapa bahasa pemrograman untuk membuat program ini menjadi interaktif. Proses terakhir yaitu membuat file autorun pada CD sehingga begitu CD dijalankan progam akan berjalan secara otomatis. Aplikasi ini diujikan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonogiri. Ada dua hasil kesimpulan dari pengujian sistem, yaitu (1) program aplikasi tersebut sangat bagus, sangat mudah dioperasikan, cocok digunakan untuk belajar, memudahkan untuk memahami materi pelajaran, proses pembelajaran tidak membosankan, dan siswa sangat menyukai program aplikasi tersebut. (2) Program aplikasi ini dapat dipakai dan mudah dipahami untuk dijadikan modul pembelajaran interaktif sistem pencernaan, pernafasan, dan peredaran darah bagi sekolah menengah pertama. Kata Kunci : Interaktif, Komputer, Macromedia Flash 8

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaktif, Komputer, Macromedia Flash 8
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 30 Jun 2010 08:18
Last Modified: 14 Nov 2010 22:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7939

Actions (login required)

View Item View Item