Suhadi, Suhadi and -, Prof.Dr.Sutama, M.Pd (2019) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN KLANDUNGAN 2 SRAGEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
PDF (HALAMAN DEPAN)
COVER Suhadi Q 100140108.pdf Download (808kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB 1 Suhadi Q 100140108.pdf Download (97kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB 2 Suhadi Q 100140108 .pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB 3 Suhadi Q 100140108.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB 4 Suhadi Q 100140108.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB 5 Suhadi Q 100140108.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran Suhadi.pdf Restricted to Repository staff only Download (969kB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
PUBLIKASI ok.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) perencanaan proses pembelajaran Pendidika Agama Islam di SDN Klandungan 2 Sragen, (2) pelaksanaan proses pembelajaran Pendidika Agama Islam di SDN Klandungan 2 Sragen, dan (3) penilaian hasil pembelajaran Pendidika Agama Islam di SDN Klandungan 2 Sragen. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SDN Klandungan 2 Sragen. Sumber data yang digunakan adalah kata-kata dan tindakan, sumber data tertulis, foto, dan statistik. Teknik sampling menggunakan sampel bertujuan (purposive sample) dengan sampel guru Pendidika Agama Islam dan siswa kelas IV SDN Klandungan 2 Sragen. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan keabsahan kontruk (construct validity), keabsahan Internal (internal validity), keabsahan eksternal (eksternal validity), dan keajegan (reliabilitas). Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini antara lain. (1) Perencanaan proses pembelajaran Penididkan Agama Islam belum sesuai dengan standar proses dikarenakan dalam penyusunan RPP sumber belajar tidak jelas, RPP tidak dibuat setiap pertemuan, ringkasan materi pembelajaran tidak ada, dan tidak ada lembar kerja siswa. (2) Prasyarat pelaksanaan proses pembelajaran yang belum sesuai dengan standar proses antara lain: guru belum mengatur tempat duduk sesuai dengan karakteristik siswa, guru belum menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan siswa, dan guru belum menciptakan ketertiban dan kedisiplinan dalam belajar. Pelaksanaan proses pembelajaran matematika dengan model STAD yang belum sesuai dengan standar proses antara lain: guru tidak selalu mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan pengetahuan sebelumnya, guru sering tidak menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dalam materi cerita Nabi Ibrahim, guru jarang menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, guru tidak memfasilitasi siswa belajar dalam kelompoksehingga dalam STAD menimbulkan “pengendara bebas”, guru jarang memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi, guru sering tidak menggunakan bahasa Indonesia, guru tidak memberikan penghargaan kelompok dalam model pembelajaran STAD, guru terkadang lupa tidak membuat kesimpulan bersama siswa, dan guru kadang-kadang tidak memberikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. (3) Guru menggunakan penilaian berbasis kelas berupa tes tertulis, pemberian tugas, dan penilaian proyek. Untuk penilaian berbasis kelas yang belum dilaksanakan guru adalah tes perbuatan, penilaian produk, penilaian sikap, dan penilaian portofolio. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) perencanaan proses pembelajaran Pendidikan Agma Islam di SDN Klandungan 2 Sragen belum sesuai standar proses, (2) pelaksanaan proses pembelajaran Pendidikan Agma Islam di SDN Klandungan 2 Sragen belum sesuai standar proses, dan (3) penilaian hasil pembelajaran Pendidikan Agma Islam di SDN Klandungan 2 Sragen belum sesuai penilaian berbasisi kelas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan Student Teams Achievement Division (STAD). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Suhadi |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 07:27 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 07:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/79338 |
Actions (login required)
View Item |