MARSONO , AGUS (2010) EVALUASI KINERJA DAN KAPASITAS TERMINAL ANGKUTAN KOTA (Studi Kasus Terminal Taman Sari Salatiga). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
D100020046.pdf Download (25kB) |
|
PDF
D100020046.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Transportasi dalam pembangunan nasional, memiliki posisi yang penting dan strategis khususnya di Daerah Salatiga. Transportasi yang lancar mempermudah arus perdagangan. Pembangunan perlu ditata dalam satu kesatuan yang terpadu, agar nantinya dapat memberi kemudahan dan kenyamanan pada pengguna jasa transportasi. Terlaksananya keterpaduan intra dan antar moda secara lancar dan tertib di Daerah Salatiga, memerlukan menyelenggarakan suatu terminal. Terminal Tamansari Salatiga termasuk dalam klasifikasi terminal penumpang Tipe C difungsikan sebagai transit rute angkutan kota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kapasitas dan kinerja di Terminal Tamansari Salatiga, dan bagaimana pemecahan masalah yang ada. Penelitian dilakukan selama tiga hari yaitu Senin 9 Maret 2009, Kamis 12 Maret 2009 dan Sabtu 14 Maret 2009 antara pukul 07.00–16.00 WIB. Penelitian dilakukan pada angkutan kota yang masuk terminal, angkutan kota yang keluar dari terminal dan angkutan kota yang menggunakan fasilitas parkir diTermnial Tamansari Salatiga. Data yang digunakan berupa data primer yaitu luasan fasilitas di terminal, waktu dan jumlah angkutan kota yang masuk/keluar terminal, waktu dan jumlah angkutan kota yang parkir di terminal dan data sekunder yaitu layout terminal, karakteristik terminal, fasilitas yang ada di terminal. Metode analisa menggunakan standar dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa areal parkir di Terminal Tamansari masih mampu menampung Angkutan Kota yang parkir. Akumulasi parkir maksimum terjadi pada dan Sabtu sebesar 13 kendaraan. Volume parkir harian tertinggi terjadi pada Senin sebesar 717 kendaraan. Turnover parking terbesar terjadi pada Senin sebesar 35.85 kend/hari/ruang. Indeks parkir rata-rata terbesar terjadi Sabtu sebesar 65.00%. Durasi parkir rata-rata terbesar terjadi pada Senin sebesar 4.50. Kondisi fasilitas di Terminal Tamansari sudah cukup baik, hanya saja masih ada fasilitas yang belum memenuhi standarisasi untuk terminal tipe C. Pemecahan masalah ada di Terminal Tamansari dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas-fasilitas yang terdapat di terminal dan menambah fasilitas untuk memenuhi standarisasi terminal Tipe C seperti areal parkir cadangan, ruang istirahat, kantor administrasi dan lain-lain. Kata kunci : terminal, kapasitas, kinerja.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | terminal, kapasitas, kinerja. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 29 Jun 2010 08:34 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 23:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7905 |
Actions (login required)
View Item |