PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK AKUNTAN INDONESIA DARI PANDANGAN GENDER

Widyasari, Antin (2008) PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK AKUNTAN INDONESIA DARI PANDANGAN GENDER. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B_200_030_220.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)

Abstract

Kemampuan seorang profesional untuk dapat mengerti dan peka terhadap persoalan etika ternyata juga dipengaruhi oleh lingkungan dan gender. Pengetahuan, pemahaman dan kemampuan mahasiswa akuntansi di bidang etika harus diupayakan dan ditingkatkan agar tidak terjadi pelanggaran etika dalam praktek audit di kemudian hari. Hal tersebut dilakukan agar kepercayaan masyarakat terhadap profesi akuntan publik tidak berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi pria dan wanita terhadap kode etik akuntan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini meliputi akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi di wilayah Surakarta. Sampel dibagi menjadi empat kelompok akuntan yaitu akuntan pendidik pria dan wanita, serta mahasiswa akuntansi pria dan wanita. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah convinience sampling. Data yang diperoleh diuji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisa yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Independen Sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan persepsi tentang kode etik akuntan Indonesia antara akuntan pendidik pria dan wanita. Hasil uji Independen Sample t test memperoleh nilai thitung < ttabel (0,286 < 1,980) ditolak pada taraf signifikansi 5% dengan nilai p-value 0,777 (p>0,05), maka H1 ditolak. Nilai rata-rata persepsi akuntan pendidik pria (84,063) hampir sama dengan persepsi akuntan pendidik wanita tentang kode etik akuntan Indonesia (83,500); (2) Terdapat perbedaan persepsi tentang kode etik akuntan Indonesia antara mahasiswa akuntansi pria dan wanita. Hasil uji Independen Sample t test memperoleh nilai thitung > ttabel (2,674 > 1,980) diterima pada taraf signifikansi 5% dengan nilai p-value 0,009 (p<0,05), maka H2 diterima. Nilai ratarata persepsi mahasiswa akuntansi pria tentang kode etik akuntan Indonesia (72,258) lebih tinggi dariada persepsi mahasiswa akuntansi wanita tentang kode etik akuntan Indonesia (68,017).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gender, akuntan pendidik, mahasiswa akuntansi, kode etik
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jul 2008 03:01
Last Modified: 17 Nov 2010 13:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item View Item