HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA

WAHYU S, DIANITA (2010) HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040259.pdf

Download (70kB)
[img] PDF
F100040259.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)

Abstract

Motivasi merupakan hal penting dalam menumbuhkan jiwa wirausaha karena sebagian besar wirausaha dimotivasi oleh keinginan untuk menentukan nasibnya sendiri yaitu dengan berusaha seoptimal mungkin mencapai sebuah tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Motivasi untuk mahasiswa dalam berwirausaha sangatlah penting dengan menyediakan wadah yang memberikan kesempatan memulai usaha sejak masih kuliah, dengan harapan setelah lulus akan melanjutkan usaha yang sudah dirintis. Salah satu determinan atau variabel yang diasumsikan berperan terhadap motivasi berwirausaha yaitu adversity intelligence. Penelitian ini bertujuan untuk hubungan antara adversity intelligence dengan motivasi berwirausaha pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan: Ada hubungan positif antara adversity intelligence dengan motivasi berwirausaha pada mahasiswa. Sampel uji coba adalah 55 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta terdiri dari 37 mahasiswa jurusan teknik mesin dan 18 mahasiswa jurusan teknik industri. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 73 orang, masing-masing 32 mahasiswa jurusan teknik industri dan 41 jurusan teknik mesin. Alat pengumpul data yang diuji cobakan adalah skala adversity intelligence dan skala motivasi berwirausaha. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Berdasarkan analisis diperoleh nilai korelasi (r) sebesar 0,391; p = 0,001 (p < 0,01). Artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara adversity intelligence dengan motivasi berwirausaha. Semakin tinggi adversity intelligence maka semakin tinggi motivasi berwirausaha, begitu pula sebaliknya semakin rendah adversity intelligence maka semakin rendah motivasi berwirausaha. Sumbangan efektif variabel adversity intelligence terhadap motivasi berwirausaha sebesar 15,3% Variabel adversity intelligence mempunyai rerata empirik sebesar 99,877 dan rerata hipotetik sebesar 99,877 yang berarti adversity intelligence pada subjek penelitian tergolong sedang. Variabel motivasi berwirausaha diketahui rerata empirik sebesar 104,055 dan rerata hipotetik sebesar 104,055 yang berarti motivasi berwirausaha pada subjek penelitian tergolong tinggi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka kesimpulan penelitian ini menyatakan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara adversity intelligence dengan motivasi berwirausaha. Dengan demikian variabel adversity intelligence dapat dijadikan sebagai salah satu determinan untuk mengukur tinggi rendahnya motivasi berwirausaha. Namun demikian hasil penelitian ini terbatas pada lokasi dimana penelitian dilakukan sehingga generalisasi pada lokasi lain perlu didasari oleh penelitian kembali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: adversity intelligence, motivasi berwirausaha
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 28 Jun 2010 09:17
Last Modified: 14 Nov 2010 23:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7840

Actions (login required)

View Item View Item