Manajemen Pembelajaran Matematika Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara

Ri ‘Ayati, Dewanti and -, Dr. Maryadi, MA and -, Dr. Ahmad Muhibbin, M.Si (2019) Manajemen Pembelajaran Matematika Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (750kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik perencanaan pembelajaran matematika di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara; (2) Karakteristik pelaksanaan pembelajaran matematika di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara, (3) Karakteristik evaluasi kurikulum matematika di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Lokasi penelitian dilakukan pada SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dengan menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan dengan verifikasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran matematika disusun oleh guru secara kelompok dengan berpedoman pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), dikembangkan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah masingmasing. Rencana pembelajaran matematika disusun sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran matematika dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. (2) Pelaksanaan pembelajaran matematika Pembelajaran matematika berdasarkan proses pembelajaran dengan kurikulum yang sesuai peraturan di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara, diawali dengan pemahaman tentang karesteristik mata pelajaran secara umum sehingga sesuai dengan proses pembelajaran dengan kurikulum yang sesuai peraturan.Tujuan pembelajaran matematika berpedoman pada kurikulum tingkat satuan pendidikan. Materi pembelajaran matematika disusun sesuai dengan standar kompetensi yang telah diatur dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan, terdiri dari 6 (enam) standar kompetensi yang terbagi untuk semester I sebanyak 4 (empat) standar kompetensi, dan 2 (dua) standar kompetensi untuk semester II. Metode pembelajaran matematika yang digunakan oleh guru adalah metode deduktif, demonstrasi, diskusi, ekspositori, latihan, tanya jawab. (3) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran matematika, dilakukan oleh kepala sekolah selama prosespembelajaran dan akhir semester dengan cara obervasi dan pengamatan dokumentasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pembelajaran, matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: DEWANTI RI'AYATI
Date Deposited: 02 Nov 2019 07:12
Last Modified: 02 Nov 2019 07:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/78212

Actions (login required)

View Item View Item