Prakoso, Imamuddin and , Drs. Zaenal Abidin M.Pd (2019) Penerapan media audio visual terhadap kemampuan membaca al-qur'an anak tunagrahita Kelas vii di slb abcd tunas pembangunan 1 nogosari Tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (894kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
PDF (bab V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media Audio Visual terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak tunagrahita di SLB ABCD TP 1 Nogosari Tahun Pelajaran 2018/2019 Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan diskriptif analisis, dengan penarikan kesimpulan menggunakan metode deduktif yang berangkat dari kejadian-kejadian umum kemudian direduksi menjadi bagian-bagian khusus. Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran terdapat beberapa langkah antara lain: persiapan, penyajian, dan aktifitas lanjutan. Dengan proses tersebut pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media Audio Visual pada anak tunagrahita di SLB ABCD TP 1 Nogosari terbilang efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari pembelajaran menggunakan media Audio Visual membantu anak tunagrahita mempelajari Pendidikan Agama Islam dalam membaca Al Qur’an, sehingga adanya peningkatan hasil kemampuan membaca Al Qur’an. Peserta didik kelas VII SLB ABCD TP 1 Nogosari dapat mengetahui cara memperbaiki hasil belajarnya yang dirasa kurang baik dan peserta didik menunjukkan kreativitasnya ketika proses pembelajaran dan juga peserta didik menunjukan respon yang baik kepada guru yang telah menyampaikan materi. Dalam hal tersebut agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan motivasi dan semangat belajar peserta didik maka harus dilakukan penilaian hasil belajar pada peserta didik, dengan itu dapat memperoleh hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KKM. Kata Kunci: Membaca Al – Qur’an, Media Pembelajaran, Tunagrahita, Audio Visual
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Al-Qur'an, Media Pembelajaran, Tunagrahita, Audio Visual |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | IMAMUDDIN PRAKOSO |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 04:16 |
Last Modified: | 27 Aug 2019 04:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/77412 |
Actions (login required)
View Item |