Aprita Kartini, Wulan and , Drs.Adyana Sunanda, M.Pd (2019) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi Dan Implementasi Sebagai Bahan Ajar Kelas XI Di SMA (Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (493kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (925kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat publikasi.pdf Download (225kB) |
Abstract
Sastra merupakan bentuk kegiatan kreatif dan produktif dalam menghasilkan sebuah karya yang memiliki nilai rasa estetis serta mencerminkan realitas sosial kemasyarakatan. Salah nilai dalam sebuah karya sastra yang dapat digunakan sebagai bahan pelajaran yaitu nilai pendidikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel anak rantau karya ahmad fuadi dan implementasi sebagai bahan ajar kelas XI di SMA (Tinjauan Psikologi Sastra). Penelitian merupakan jenis penelitian diskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan semiotik yang terdiri dari pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sikap dan perilaku sebagai karakter positif terbangun yang menggambarkan Nilai –nilai pendidikan karakter di dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi yang ditemukakan ada 13 nilai- nilai pendidikan karakter, di antaranya: religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Implementasi nilai pendidikan karakter dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi sebagai bahan ajar kelas XI di SMA dapat dilihat dari Kompetensi Inti (KI) yang sesuai dengan pembelajaran di SMA kelas XI yaitu Memahami buku biografi, novel dan hikayat. Dengan kompetensi Dasar (KD) Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai pendididikan, Novel, Bahan ajar. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | WULAN APRITA KARTINI |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 07:53 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 07:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/77038 |
Actions (login required)
View Item |