Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi Dan Implementasi Sebagai Bahan Ajar Kelas XI Di SMA (Tinjauan Psikologi Sastra)

Aprita Kartini, Wulan and , Drs.Adyana Sunanda, M.Pd (2019) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi Dan Implementasi Sebagai Bahan Ajar Kelas XI Di SMA (Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (925kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat publikasi.pdf

Download (225kB)

Abstract

Sastra merupakan bentuk kegiatan kreatif dan produktif dalam menghasilkan sebuah karya yang memiliki nilai rasa estetis serta mencerminkan realitas sosial kemasyarakatan. Salah nilai dalam sebuah karya sastra yang dapat digunakan sebagai bahan pelajaran yaitu nilai pendidikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel anak rantau karya ahmad fuadi dan implementasi sebagai bahan ajar kelas XI di SMA (Tinjauan Psikologi Sastra). Penelitian merupakan jenis penelitian diskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan semiotik yang terdiri dari pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sikap dan perilaku sebagai karakter positif terbangun yang menggambarkan Nilai –nilai pendidikan karakter di dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi yang ditemukakan ada 13 nilai- nilai pendidikan karakter, di antaranya: religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Implementasi nilai pendidikan karakter dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi sebagai bahan ajar kelas XI di SMA dapat dilihat dari Kompetensi Inti (KI) yang sesuai dengan pembelajaran di SMA kelas XI yaitu Memahami buku biografi, novel dan hikayat. Dengan kompetensi Dasar (KD) Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai pendididikan, Novel, Bahan ajar.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: WULAN APRITA KARTINI
Date Deposited: 23 Aug 2019 07:53
Last Modified: 23 Aug 2019 07:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/77038

Actions (login required)

View Item View Item