Hamidah, Umu (2010) MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM DALAM MENGHADAPI UASBN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000070123.pdf Download (71kB) |
|
PDF
G000070123.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
Abstract
Keberhasilan pembelajaran ditunjang oleh beberapa faktor, mulai dari peserta didik, pendidik, lingkungan, bahan pembelajaran, dan yang tak kalah penting adalah model dan strategi pembelajaran. Model dan strategi pembelajaran berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan pengajar dalam melakukan aktivitas belajar mengajar, sehingga belajar mengajar menjadi kegiatan yang bertujuan dan tertata secara sistematis terutama dalam menghadapi dan mensukseskan adanya Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional. Skripsi ini membahas tentang Model dan Strategi Pembelajaran di SD Muhammadiyah 16 Karangasem dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) 2008/2009, dengan tujuan penelitian: (1) mengetahui model dan strategi pembelajaran di SD Muhammadiyah 16 Karangasem dalam menghadapi UASBN 2008/2009, dan (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model dan strategi pembelajaran di SD Muhammadiyah 16 Karangasem dalam menghadapi UASBN 2008/2009. Sedangkan manfaat penelitian ini adalah sebagai upaya memperkaya khazanah keilmuan di bidang pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan model dan strategi pembelajaran dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang dimanfaatkan dalam penelitian ini meliputi informan atau narasumber, tempat dan peristiwa atau aktifitas, dan arsip ataupun dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedang teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: model dan strategi pembelajaran di SD Muhammadiyah 16 Karangasem dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional ada beberapa macam cara, berupa: pemadatan materi pelajaran, penambahan jam mata pelajaran, pengelompokan siswa, bimbingan belajar, drilling, try out, peningkatan kualitas SDM guru, kerjasama dengan wali murid, dan Darul Arqom. Faktor pendukung pelaksanaan model dan strategi pembelajaran di SD Muhammadiyah 16 Karangasem dalam menghadapi UASBN 2008/2009 adalah adanya kerjasama antar siswa yang diwujudkan dalam kegiatan belajar kelompok, kerjasama dan koordinasi berkala antara wali kelas VI dan kepala sekolah, pelatihan dan peningkatan profesionalisme guru, pengadaan buku pengayaan soal-soal Ujian Akhir Nasional, dan buku kontak belajar. Sementara faktor penghambat dalam pelaksanaan model dan strategi pembelajaran di SD Muhammadiyah 16 Karangasem dalam menghadapi UASBN 2008/2009 adalah turunnya motivasi belajar siswa jelang pelaksanaan UASBN, kurang disiplin dalam proses pembelajaran, kerja sama sebagian wali murid dengan pihak sekolah yang belum optimal, dan nilai akademik yang belum memenuhi standar KKM pada beberapa materi pelajaran di kelas V.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL, STRATEGI, PEMBELAJARAN |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 21 Jun 2010 09:10 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 01:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7643 |
Actions (login required)
View Item |