MANAJEMEN PENDIDIKAN MADRASAH MU'ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR NASIONAL TAHUN AJARAN 2008/2009

HARYANTO, HARYANTO (2010) MANAJEMEN PENDIDIKAN MADRASAH MU'ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR NASIONAL TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000070113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
G000070113.pdf

Download (111kB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan dan kemajuan manusia, di mana proses pendidikan harus bisa membawa peserta didik ke arah kedewasaan, kemandirian dan bertanggung jawab. Untuk menyiapkan generasi penerus, perlu dilakukan langkah yang memungkinkan hal itu terjadi walaupun memakan waktu lama. Termasuk yang perlu diperhatikan adalah evaluasi akan hasil pendidikan tersebut. Ujian Nasional merupakan salah satu cara yang digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa. Menghadapi fenomena tersebut, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta (yang selanjutnya ditulis Mu’allimin saja), tentu berkeinginan semua peserta didiknya dapat lulus UAN. Berkenaan dengan latar belakang masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pendidikan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dalam menghadapi Ujian Akhir Nasional Tahun Ajaran 2008/2009. Kemudian faktor pendukung dan penghambatnya. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: a. Bagi Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta, diharapkan penelitian ini dapat memberikan wacana atau saran yang membangun, khusunya pada Manajemen Pendidikan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dalam menghadapi Ujian Akhir Nasional. b. Bagi dunia pendidikan, diharapkan penelitian ini dapat memberikan manfaat yang lebih baik dari segi kelebihan untuk meningkatkan kembali pola pendidikan yang efektif dan berdaya guna. c. Bagi penulis (peneliti), dan juga peneliti yang lain, diharapkan dapat menjadi referensi atau tambahan pengetahuan untuk lebih membantu dalam melakukan penelitian lebih lanjut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif. Obyek penelitian adalah Manajemen Pendidikan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dalam menghadapi Ujian Akhir Nasional Tahun Ajaran 2008/2009, dan subyek penelitian adalah direktur, PD 1, bidang kurikulum, kaur bidang kurikulum tingkat aliyah, kaur bidang kurikulum tingkat tsanawiyah, tim 'SSL", dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode interview/wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa Manajemen pendidikan Mu'allimin dalam menghadapi UAN menggunakan prinsip MBS. Secara aplikatif Mu'allimin memiliki kewenangan lebih ekspansi dalam mengatur segala kebijakan berkaitan dengan hal itu. Sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien sesuai aspirasi dan karakteristik Mua'llimin. Hal ini terwujud dalam sebuah program khusus yang oleh Mu’allimin disebut dengan “SSL” (Sukses Studi Lanjut).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN, PENDIDIKAN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 21 Jun 2010 08:05
Last Modified: 15 Nov 2010 01:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7621

Actions (login required)

View Item View Item