SETYOWATI , YULI (2010) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DALAM SISTEM PENDIDIKAN TINGGI AKUNTANSI (Survey di Perguruan Tinggi di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
B200060237.pdf Download (926kB) |
|
PDF
B200060237.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Proses pembelajaran akuntansi sangat terkait dengan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional mampu melatih kemampuan mahasiswa dalam mengelola perasaannya, memotivasi dirinya, tegar dalam menghadapi frustasi, kesanggupan mengendalikan dorongan dan menunda kepuasan sesaat, mengatur suasana hati yang reaktif, serta mampu berempati dan bekerja sama dengan orang lain. Kemampuan-kemampuan ini mendukung seorang mahasiswa dalam mencapai tujuan dan cita-citanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode survey yang menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat akhir yang sudah mengambil 120 SKS pada Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi di Surakarta. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 116 orang mahasiswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengukuran kecerdasan emosional terdiri dari aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi ganda, uji F, uji koefisien determinasi, uji t, dan disertai dengan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan emosional pada aspek pengenalan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H1 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya kemampuan mahasiswa dalam mengenal potensi dirinya sebagai bagian dari kecerdasan emosional dapat membantu dalam peningkatan pemahaman akuntansi; 2) Kecerdasan emosional pada aspek pengendalian diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H2 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya kemampuan mahasiswa dalam mengendalikan diri, termasuk sikap dan emosi akan dapat membantu meningkatkan pemahaman akuntansi; 3) Kecerdasan emosional pada aspek motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H3 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya motivasi dalam diri mahasiswa yang mendorong untuk melakukan suatu kegiatan, misalnya belajar, berdiskusi, dan membaca. Hal ini membantu meningkatkan pemahaman akuntansi; 4) Kecerdasan emosional pada aspek empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H4 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya kemampuan mahasiswa dalam memahami dirinya sendiri dapat membantu meningkatkan pemahaman akuntansi; 5) Kecerdasan emosional pada aspek ketrampilan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H5 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya kemampuan mahasiswa dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial, baik di ruangan kuliah, di luar kuliah, maupun di rumah dapat membantu meningkatkan pemahaman akuntansi
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Pengenalan Diri, Pengendalian Diri, Motivasi, Empati, dan Ketrampilan Sosial, Tingkat Pemahaman Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 21 Jun 2010 07:47 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 01:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7619 |
Actions (login required)
View Item |