Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di TK PKK Palur Mojolaban Sukoharjo

Karyani, Sri and -, Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2019) Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di TK PKK Palur Mojolaban Sukoharjo. Thesis thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img] PDF (Naskah Publikasi Ilmiah)
naskah publikasi llmiah.pdf

Download (519kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (391kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (LAmpiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
surat pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)

Abstract

Kurikulum merupakan acuan pokok pelaksanaan pendidikan nasional. Saat ini kurikulum yang berlaku adalah Kurikulum 2013 termasuk juga untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Maka dari itu perlu adanya implementasi yang tepat agar tujuan kurikulum dapat tercapai. Berawal dari hal tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di TK PKK Palur, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Kurikulum 2013 PAUD di TK PKK Palur dan menemukan upaya mengatasi kendala dalam pengimplementasian Kurikulum 2013 PAUD di TK PKK Palur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan obyek penelitian TK PKK Palur yang terletak di Desa Palur Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Penelitian dilaksanakan dari Bulan Desember 2018 hingga April 2019. Adapun desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek penelitian adalah para guru dan Kepala TK PKK Palur. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi data, tekhnik dan sumber. Sedangkan tekhnik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum: 1.) Dalam tahap perencanaan pembelajaran TK PKK Palur sudah menyusun kurikulum dan instrumen-instrumen pembelajaran berdasarkan ketentuan Kurikulum 2013 PAUD dan mengimplementasikannya melalui sinergi yang baik antara guru, kepala sekolah dan masyarakat sekitar. 2.) Terdapat beberapa kendala terkait Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di TK PKK Palur diantaranya adalah kurang lengkapnya unsur tim pengembang kurikulum, terbatasnya ragam muatan lokal dan ekstrakurikuler, persiapan mengajar yang belum maksimal, kurangnya pemahaman guru tentang sistematika penilaian dan belum optimalnya setting kelas. 3.) Untuk mengatasi kendala-kendala dalam implementasi kurikulum 2013 PAUD terdapat beberapa upaya yang dilakukan TK PKK Palur antara lain adalah mendatangi langsung tokoh yang dinilai tepat untuk menjadi Tim Pengembang Kurikulum, mengkomunikasikan pengembangan Muatan Lokal dengan pemerintah Desa Palur, mengikutsertakan guru dalam berbagai Diklat dan study banding ke TK lain, briefing berkesinambungan dari Kepala TK kepada guru terkait persiapan mengajar dan pemanfaatan alat peraga alam sekitar. Kata Kunci : implementasi, paud, kurikulum 2013

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: implementasi, paud, kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username q100060067
Date Deposited: 10 Aug 2019 08:22
Last Modified: 10 Aug 2019 08:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/75981

Actions (login required)

View Item View Item