PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III SD NEGERI 03 TLOBO KECAMATAN JATIYOSO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ROSITASARI, DINA (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III SD NEGERI 03 TLOBO KECAMATAN JATIYOSO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A510070582.PDF

Download (114kB)
[img] PDF
A510070582.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui pembelajaran tematik siswa kelas III SD Negeri 03 Tlobo kecamatan Jatiyoso kabupaten Karanganyar. Secara khusus penelitian ini bertujuan : (1). Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui pembelajaran tematik; (2). Mengetahui apakah melalui pembelajaran tematik dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes hasil belajar, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaksi, yaitu keterkaitan antara tiga komponen antara lain : pengumpulan data/reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulakan : Pertama pelaksanaan pembelajaran IPA melalui pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri 03 Tlobo kecamatan Jatiyoso kabupaten Karanganyar dapat berjalan efektif, tujuan indikator dapat tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran tematik. Kedua Penerapan metode pembelajaran tematik dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 03 Tlobo. Hal ini dilihat dengan persentase siswa yang mendapat nilai terus meningkat dari siklus I sampai siklus III. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 66,1. Pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 71,90. Pada siklus III nilai rata-rata siswa adalah 78,07. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa melalui pembelajaran tematik dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas III Sd Negeri 03 Tlobo kecamatan jatiyoso kebupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, IPA, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jun 2010 04:28
Last Modified: 13 Nov 2010 05:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7595

Actions (login required)

View Item View Item