PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI AKUNTAN DIPANDANG DARI SEGI GENDER (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Sebelas Maret Surakarta)

MARGAWATI , RETIANA (2010) PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI AKUNTAN DIPANDANG DARI SEGI GENDER (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Sebelas Maret Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
B200060139.pdf

Download (46kB)
[img] PDF
B200060139.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)

Abstract

Penelitian mengenai persepsi terhadap etika bisnis dan etika profesi akuntan dilakukan karena profesi akuntan aktivitasnya tidak terlepas dari aktivitas bisnis yang menuntut mereka untuk bekerja secara professional. Penelitian ini mengkhususkan untuk menyoroti masalah gender karena masih adanya diskriminasi terhadap perempuan dalam lingkungan pekerjaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi dipandang dari segi gender terhadap etika bisnis dan etika profesi akuntan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Analisis didasarkan pada data dari 88 responden penelitian yang pengumpulannya melalui kuesioner dengan menggunakan tipe non probability sampling yaitu dengan metode purposive sampling. Validitas alat ukur dicari dengan pendekatan validitas konstruk (construct validity), dan teknik korelasi yang digunakan adalah teknik Product Moment Pearson’s. Realibilitas data diuji dengan menggunakan reliabilitas konsistensi internal yaitu teknik Cronbach Alpha. Teknik pengujian normalitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Sample Kolmogorov-Smirnov Test. Hasil analisis dengan independen sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara mahasiswa akuntansi dan mahasiswi akuntansi terhadap etika bisnis, hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas sebesar (0,031) di bawah (0,05). Berdasarkan nilai rata-rata (mean) diketahui bahwa pada mahasiswa akuntansi mempunyai nilai rata-rata yang lebih tinggi (59,12) daripada mahasiswi akuntansi (55,94), yang berarti bahwa mahasiswa akuntansi mempunyai persepsi yang lebih baik dibandingkan mahasiswi akuntansi terhadap etika bisnis. Hasil analisis selanjutnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara mahasiswa akuntansi dan mahasiswi akuntansi terhadap etika profesi akuntan, yang ditunjukkan oleh nilai probabilitas (0,043) di bawah (0,05). Nilai rata-rata (mean) pada mahasiswa akuntansi (74,49) sedangkan pada mahasiswi akuntansi (72,43). Berdasarkan nilai rata-rata tersebut mahasiswa akuntansi memiliki persepsi yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswi akuntansi terhadap etika profesi akuntan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, etika bisnis, etika profesi akuntan, profesi akuntan, gender.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2010 09:19
Last Modified: 15 Nov 2010 02:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7586

Actions (login required)

View Item View Item