HARIADI, SLAMET (2010) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS PADA SISWA KELAS III SEMESTER 1 SDN KEMASAN 03 POLOKARTO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A510070547.pdf Download (104kB) |
|
PDF
A510070547.PDF Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pokok bahasan perkalian di SDN Kemasan 03 Polokarto. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian melalui pendekatan konstruktivistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas III sebagai pelaku tindakan kelas, dan guru matematika kelas VI sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III SDN Kemasan 03 Polokarto yang berjumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan review. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian melalui pendekatan konstruktivis. Hal ini dapat dilihat dari : 1) tingkat aktivitas belajar siswa meliputi : a) aktivitas mempelajari materi meningkat dari 4% menjadi 70%, b) aktivitas dalam bertanya siswa dari 25% menjadi 50%, c) siswa yang bermain sendiri dari 50% turun menjadi 15%. 2) hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai lebih dari KKM (65) yang ditentukan dari 30 % menjadi 85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Aktivitas, Pembelajaran, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Jun 2010 08:44 |
Last Modified: | 11 Jun 2012 04:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7575 |
Actions (login required)
View Item |