PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE DAN INSTITUTIONAL OWNERSHIP TERHADAP FIRM VALUE (Survei pada Perusahaan Konstruksi, Properti, dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008)

ANGGRAINI , ASTRI RATNA (2010) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE DAN INSTITUTIONAL OWNERSHIP TERHADAP FIRM VALUE (Survei pada Perusahaan Konstruksi, Properti, dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
B200060047.pdf

Download (179kB)
[img] PDF
B200060047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure dan Institutional Ownership terhadap Firm Value perusahaan Konstruksi, Properti dan Real Estate yang terdaftar di BEI. Penelitian ini menggunakan 18 sampel dengan 3 tahun pelaporan maka diperoleh 54 observasi yang di ambil secara purposive sampling. Hasil data menunjukan bahwa asumsi normalitas dan asumsi klasik telah terpenuhi, sehingga pengujian hipotesis dengan model regresi berganda dapat dilakukan. Hasil analisis berganda menunjukan bahwa Corporate Social Responsibility Disclosure berpengaruh signifikan terhadap Firm Value dan koefisien regresi mempunyai angka positif dan hal ini telah konsisten dengan hasil penelitian terdahulu maupun teori yang ada. Sementara untuk variabel Institutional Ownership tidak berpengaruh signifikan terhadap Firm Value. Hasil ini sesuai dengan efficiency augmentation hypothesis (Sundaraurthy et.al 2005 dalam Dian 2009). Untuk pengujian pengaruh simultan, hasil menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility Disclosure dan Institutional Ownership berpengaruh signifikan terhadap Firm Value pada tingkat keyakinan 5%. Hasil Penelitian membuktikan bahwa hipotesis pertama dan ketiga penelitian ini di dukung oleh data penelitian, sementara untuk hipotesis kedua, hipotesis tidak di dukung oleh data penelitian. Hasil penelitian menjadi dasar pengambilan kesimpulan bahwa Corporate Social Responsibility Disclosure berpengaruh terhadap Firm Value dan Institutional Ownership tidak berpengaruh terhadap Firm Value. Penelitian ini di lakukan dengan berbagai keterbatasan dan oleh karena itu peneliti memberikan saran untuk penelitian berikutnya agar dapat memperpanjang periode penelitian, memisahkan sampel, dan menambah variabel baru dengan tujuan untuk mendapatkan bukti empiris yang lebih baik secara statistik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility Disclosure, Institutional Ownership, Firm Value
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2010 08:41
Last Modified: 15 Nov 2010 02:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7542

Actions (login required)

View Item View Item