KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs. MUHAMMADIYAH WARU BAKI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010

HIDAYANTO, M. TAUFIK (2010) KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs. MUHAMMADIYAH WARU BAKI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000070108.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img]
Preview
PDF
G000070108.pdf

Download (91kB)

Abstract

Kompetensi guru dalam proses belajar mengajar adalah guru perlu memiliki kemampuan meningkatkan motivasi belajar siswa. Proses pembelajaran yang efektif didasari oleh adanya motivasi belajar yang kuat. Dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo terdapat siswa yang mengalami kurangnya motivasi belajar. Tugas guru adalah mempunyai kompetensi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan kenyataan di atas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana kompetensi guru bahasa Arab dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010?. Bagaimana kondisi motivasi belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs. Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010?. Tujuan penelitian adalah: Untuk memetakan kompetensi guru bahasa Arab dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010 dan untuk memetakan motivasi belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs. Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010 Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan purposive sampling yaitu sampel yang dipilih dengan cermat hingga relevan dengan desain penelitian. Mereka adalah kepala sekolah, satu guru bahasa Arab dan 9 murid kelas VIII. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data bersifat deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini berupa dua temuan, yaitu kompetensi guru bahasa Arab dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII dan kondisi motivasi belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran bahasa Arab. Pertama, kompetensi guru bahasa Arab dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII dikategorikan kepada baik. Hal itu ditandai bahwa guru telah mempunyai pengetahuan tentang meningkatkan motivasi belajar siswa, dan teknik yang dilakukan telah bersesuaian dengan praktisi pendidikan Islam. Teknik yang digunakan yaitu dengan nasihat dan pujian, dengan hadiah dan hukuman, menggunakan alat peraga, menggunakan kisah-kisah, penyajian pelajaran dengan bervariasi dan terencana, dengan berjabat tangan, dan dengan bekerjasama dengan orang tua. Kedua, kondisi motivasi belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran bahasa Arab dikategorikan kepada baik dan kurang. Kondisi motivasi belajar siswa kelas VIII yang baik ditandai siswa masih mengikuti pembelajaran bahasa Arab di kelas, tidak membolos, siswa izin kepada guru ketika tidak mengikuti pembelajaran, dan siswa tidak mempunyai sifat mengganggu temannya ketika pembelajaran. Kondisi motivasi belajar siswa kelas VIII yang kurang ditandai siswa kurang konsentrasi ketika pembelajaran, tidak mencatat, siswa berdalih ketika diminta mengerjakan tugas, dan mengerjakan pekerjaan rumah di sekolah

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI, GURU, BAHASA, MOTIVASI,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jun 2010 09:35
Last Modified: 15 Nov 2010 03:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7501

Actions (login required)

View Item View Item