MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010)

WAHYUDIONO, PAMI (2010) MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000070088.pdf

Download (114kB)
[img] PDF
G000070088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

ABSTRAK Pemberian kewenangan penuh kepada sekolah dan guru dalam mengatur, merencanakan, mengorganisasi, mengawasi, mempertanggungjawabkan, dan memimpin sumber-sumber daya insani serta barang-barang untuk membantu pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan sekolah merupakan inti dari konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). SMP Muhammadiyah 8 Surakarta adalah salah satu lembaga pendidikan swasta yang saat ini berusaha menjadi pioner di antara sekolah-sekolah lain yang menerapkan sistem full day school, hal ini didasari dengan adanya partisipasi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas alumnusnya. Dari latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk meneliti lembaga ini dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen yang diterapkan. Sudah sesuaikah dengan konsep manajemen berbasis sekolah serta adakah faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajerialnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif, untuk menganalisa faktor pendukung dan penghambat digunakan analisis SWOT (Strength, Weaknes, Opportunity, Treath). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta adalah lembaga pendidikan swasta yang berpola pembelajaran full day school dengan banyak menambah mata pelajaran islami. Lembaga tersebut juga telah memiliki pola manajerial yang baik dan sesuai dengan konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Dibuktikan dengan adanya kelengkapan komponen-komponen manajemen sekolah dan juga konsep kepemimpinan yang terbuka dan demokratis. Lembaga ini juga berdiri dan berjalan atas partisipasi serta dukungan dari masyarakat. Hal ini terbukti dengan banyaknya animo masyarakat untuk memasukkan putra-putrinya agar menjadi siswa di lembaga tersebut. Meskipun demikian dalam pelaksanaan manajerialnya terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki, diantaranya adalah dalam manajemen keuangan. Hal ini terkait dengan sumbangan SPP yang cenderung memberatkan orang tua siswa, karena sekolah ini adalah sekolah swasata sehingga sebagian besar dana yang diperoleh dari pembayaran SPP siswa. Sekolah ini juga harus selalu melakukan inovasi dan perbaikan dalam berbagai hal, agar tidak dijadikan pilihan alternatif oleh siswa dan orang tua siswa dalam memilih sekolah. Hal ini disebabkan karena mereka cenderung memilih sekolah negri sebagai pilihan utama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN, BASIS, SEKOLAH
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jun 2010 08:24
Last Modified: 15 Nov 2010 03:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7478

Actions (login required)

View Item View Item