EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KITAB TA'LIMUL LUGHOTIL 'AROBIYYAH DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MLATI, MLATI, SLEMAN 2008/2009

KISWANTO, BAMBANG (2010) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KITAB TA'LIMUL LUGHOTIL 'AROBIYYAH DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MLATI, MLATI, SLEMAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000070076.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
G000070076.pdf

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK Latarbelakang penggunaan kitab Ta'limul Lughotil 'Arobiyyah di SMP Muhammadiyah 2 Mlati, Mlati, Sleman dikarenakan kitab ini mudah dipelajari oleh para siswa pemula yang baru mengenal tentang bahasa Arab, yang mana pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab Ta'limul Lughotil 'Arobiyyah terdapat beberapa pelajaran yang menarik dengan adanya kosa kata yang disertai dengan gambar-gambar, kemudian muhadatsa (percakapaan) dari yang ringgan hingga yang sulit, dalam kitab ini juga terdapat Qoqaid (kaidah-kaidah) bahasa Arab dari yang mudah sampai dengan yang sulit, dan kitab Ta'limul Lughotil 'Arobiyyah ini mudah kita jangkau terutama yang bertempat tinggal diYogyakarta karena diterbitkan sendiri oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewah Yogyakarta bidang Pendidikan Periode 2000 – 2005. Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yakni tentang: Bagaimana efektifitas pembelajaran bahasa Arab dengan kitab Ta'limul Lughotil 'Arobiyyah dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 2 Mlati, Mlati, Sleman. Adapun tujuan penelitian adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan kitab Ta'limul Lughotil 'Arobiyyah di SMP Muhammadiyah 2 Mlati, Mlati, Sleman, serta untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Selanjutnya untuk pengumpulan data penulis menggunakan metode dokumentasi, interview, observasi, dan angket. Analisis data yang digunakan dengan metode diskriptif kualitatif dengan cara berfikir induktif. Analisis mengajar yang efisien, yaitu membuat persiapan atau perencanaan yang baik, melaksanakan yang baik pula dan membuat evaluasi. Melakukan persiapan atau perencanaan pengajaran. Itu semuanya adalah tahapan yang sangat penting karena pada kegiatan persiapan dan perencanaan inilah pelaksanaan pengajaran akan berjalan dengan efisien dan efektif. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa: Dalam Kitab Ta'limul Lughotil 'Arobiyyah, tentang istima’, qiro’ah, kalam, dan kitabah, telah berjalan cukup efektif. Hal ini terbukti dari bisa mengungkapkan huruf-huruf hijaiyah serta menyebutkan kosa kata yang berunsur dengan huruf hjaiyah, siswa sedikit terbantu dalam melancarkan bacaan Al-Qur'an, dan hasil nilai rapot yang diterima siswa saat ujian semesrter 1 (satu) cukup baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EFEKTIFITAS, PEMBELAJARAN, BAHASA ARAB, KITAB TA'LIMUL LUGHOTIL 'AROBIYYAH
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jun 2010 08:11
Last Modified: 15 Nov 2010 03:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7475

Actions (login required)

View Item View Item