STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW (MENGGALI PIKIRAN YANG INGIN TAHU) DAN TRUE OR FALSE (BENAR ATAU SALAH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI PADA SISWA KELAS X1 MAN 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

KENCANA , SILKIA PUSPITA (2010) STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW (MENGGALI PIKIRAN YANG INGIN TAHU) DAN TRUE OR FALSE (BENAR ATAU SALAH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI PADA SISWA KELAS X1 MAN 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060098.pdf

Download (58kB)
[img] PDF
A420060098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan keanekaragaman hayati menggunakan strategi pembelajaran Inquiring minds want to know dan True or false pada siswa kelas X1 MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini diawali dengan strategi Inquiring minds want to know, kemudian dilanjutkan dengan pernyataan True or false dan diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (ranah kognitif = 7,464 atau meningkat sebesar 0,714 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,895; ranah afektif = 16,214 (termasuk kategori cukup berminat)). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II (ranah kognitif = 7,778 atau meningkat sebesar 0,314 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,658; ranah afektif = 19,214 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 3,00 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III (ranah kognitif = 8,928 atau meningkat sebesar 1,15 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,319; ranah afektif = 21,214 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 2,00 dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Inquiring minds want to know dan True or false dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi pada siswa kelas X1 MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Inquiring minds want to know dan True or false, Keanekaragaman Hayati.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2010 06:12
Last Modified: 15 Nov 2010 03:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7468

Actions (login required)

View Item View Item