EFEKTIVITAS STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL PEMBELAJARAN GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI PADA SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

RURIYASTI , RIZANIA (2010) EFEKTIVITAS STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL PEMBELAJARAN GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI PADA SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060068.pdf

Download (183kB)
[img] PDF
A420060068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

Metode active learning merupakan salah satu pembelajaran yang mampu melibatkan seluruh kemampuan diri setiap siswa. Dalam penelitian ini menggunakan model gallery of learning yaitu model pembelajaran kelompok dan masing-masing anggota kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Al-Islam 3 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan strategi active learning model gallery of learning. Strategi active learning model gallery of learning dilakukan dalam tiga siklus. Tindakan dilakukan dengan pembelajaran menggunakan model gallery of learning dan diakhiri dengan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas X pada siklus I (aspek kognitif= 30,96). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (aspek kognitif= 51,90). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (aspek kognitif= 62,30). Dilihat dari hasil nilai rata-rata tiap siklus dapat diketahui bahwa hasil belajar yang dicapai siswa mengalami peningkatan, dari siklus I sampai sampai siklus II yaitu sebesar 35% sedangkan dari siklus I sampai siklus III sebesar 51 %. Sehingga berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran active learning model gallery of learning pada pokok bahasan keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Al-Islam 3 Surakarta tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran active learning model gallery of learning, dan hasil belajar biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2010 06:05
Last Modified: 15 Nov 2010 03:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7466

Actions (login required)

View Item View Item