PERBANDINGAN STRATEGI THE POWER OF TWO DENGAN STRATEGI KERJA KELOMPOK PADA KONSEP PEMBELAJARAN EKOSISTEM SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2007/2008

Astuti, Ningtyas Puji (2008) PERBANDINGAN STRATEGI THE POWER OF TWO DENGAN STRATEGI KERJA KELOMPOK PADA KONSEP PEMBELAJARAN EKOSISTEM SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420040010.pdf

Download (125kB)
[img] PDF
A420040010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran The Power of Two dan strategi kerja kelompok. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar antara strategi The Power of Two dan kerja kelompok dan untuk mengetahui strategi pembelajaran manakah yang lebih baik digunakan dalam pembelajaran biologi pada siswa kelas X6 dan X7 SMA Muhammadiyah 1 Klaten Tahun ajaran 2007/2008. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu X6 diterapkan strategi The Power of Two dan X7 yang diterapkan strategi kerja kelompok. Pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Eksperimen dilakukan dengan melakukan pembelajaran untuk kedua kelas dengan masing-masing strategi kemudian diakhiri dengan adanya Post Test. Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan strategi The Power of Two lebih baik dari siswa yang diberikan pembelajaran dengan strategi kerja kelompok. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata skor kelas X6 (49, 89) lebih besar dari kelas X7 (39,55) yang berarti H0 ditolak. Dengan penolakkan H0 ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan strategi The Power of Two lebih tinggi dari pada hasil siswa yang menggunakan strategi kerja kelompok. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian bahwa terdapat hasil belajar siswa antara siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan strategi The Power Of two dari pada strategi kerja kelompok. Prestasi belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan strategi The Power Of Two lebih baik daripada strategi kerja kelompok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Strategi The Power of Two, Strategi Kerja Kelompok, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Dec 2008 03:13
Last Modified: 02 May 2011 09:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item View Item