PENERAPAN METODE ”TASMUR” PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SDIT MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010

WIYOTO, WIYOTO (2010) PENERAPAN METODE ”TASMUR” PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SDIT MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000070070.pdf

Download (121kB)
[img] PDF
G000070070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)

Abstract

ABSTRAK Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu kewajiban Kaum Muslimin terhadap Al-Qur’an. Namun dalam kenyataannya, sebagian besar umat Islam merasa kesulitan dan berat untuk menghafalnya, terlebih mengajarkannya. Di antara penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran tahfidzul Qur’an yang kurang tepat. Penggunaaan metode pembelajaran ini sangat penting, karena pembelajaran tidak hanya menekankan pada apa yang diajarkan, tetapi bagaimana mengajarkannya. Agar pembelajaran dapat mengena ke peserta didik, maka metode pembelajaran perlu dipilih dengan tepat sesuai waktu, kondisi dan bidang. Maka dalam hal ini penulis berusaha meneliti metode ”tasmur” dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di salah satu SDIT di Kartasura yaitu SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar tahun ajaran 2008/2009. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan metode ”tasmur” pada pembelajaran tahfidzul Qu’an di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura? Apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap pembelajaran tahfidzul Qur’an di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura? Berkaitan dengan masalah yang telah dirumuskan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pelaksanaan metode ”tasmur” pada pembelajaran tahfidzul Qu’an di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura dan faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap pembelajaran tahfidzul Qur’an di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura. Dari tujuan tersebut, diharapkan penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan sumbangan ilmiah dalam memperkaya ilmu pengetahuan agama tentang metode pembelajaran tahfidzul Qur’an, memberikan sumbangan pemikiran untuk meningkatkan kualitas kemampuan guru dalam mengelola poses belajar mengajar dengan mengembangkan metode pembelajaran yang sedang dan akan diterapkan serta sebagai bahan arahan bagi masyarakat dalam metode pembelajaran tahfidzul Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan populasi dan sampel dengan tehnik sampel total, sehingga seluruh populasi diteliti, yaitu: guru tahfidzul Qur’an kelas III, siswa kelas III, kepala sekolah, dan karyawan SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura. Untuk mendapatkan data dalam skripsi, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: observasi, interview dan dokumentasi Sedangkan analisis data tidak menggunakan rumus statistik tetapi dengan deskriptif analisis dengan cara berfikir Induktif dan Deduktif. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa metode ”tasmur” pada pembelajaran tahfidzul Qur’an di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura tahun ajaran 2008/ 2009 sudah cukup baik, karena terdapat beberapa variasi metode dalam pembelajaran yaitu metode talqin, terdiri dari metode cerita dan bergambar , metode setoran secara individu dan klasikal, serta metode muroja’ah yang terdiri dari metode permainan, tanya-jawab, dan penugasan. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi pembelajaran tahfidzul Qur’an di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura berasal dari pihak yang saling berkaitan yaitu pihak sekolah, pribadi siswa dan pihak orangtua.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN, TASMUR, PEMBELAJARAN, TAHFIDZUL QUR’AN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 14 Jun 2010 08:40
Last Modified: 15 Nov 2010 03:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7441

Actions (login required)

View Item View Item