PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JUMAPOLO TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Listyorini , Endah (2008) PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JUMAPOLO TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220020016.pdf

Download (80kB)
[img] PDF
A220020016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar dan persepsi siswa tentang guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar PPKn pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jumapolo Tahun Pelajaran 2006/2007. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jumapolo Tahun Pelajaran 2006/2007 yang keseluruhan berjumlah 240 siswa. Sampel penelitian sebanyak 40, yang didasarkan pada jenis penelitian berupa deskriptif korelasional, sehingga jumlah sampel yang reperesntatif adalah 10% dari populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket sebagai metode pokok untuk menggumpulkan data mengenai keaktifan belajar, persepsi siswa tentang guru dalam mengajar, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai prestasi belajar PPKn siswa. Metode wawancara dan metode observasi sebagai metode bantu digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh dari angket. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian dianalisis regresi dua prediktor, dengan rumus: Freg = Hasil perhitungan regresi memperoleh harga Freg = 15,717, dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;37) adalah sebesar 3,23 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,21, hasilnya Fhitung > Ftabel = 15,717 > 3,23 atau 15,717 > 5,21, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh keaktifan belajar dan persepsi siswa tentang guru dalam mengajar terhadap Prestasi Belajar PPKn dinyatakan dapat diterima. Variabel keaktifan belajar siswa memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 33,04% dan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 15,18%. persepsi siswa tentang guru dalam mengajar memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 66,96% dan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 30,76%, Sehingga nampak bahwa variabel persepsi siswa tentang guru dalam mengajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel keaktifan belajar siswa. Dengan demikian jika persepsi siswa tentang guru dalam mengajar tinggi maka dapat dipastikan adanya peningkatan prestasi belajar PPKn pada siswa yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari keaktifan belajar dan persepsi siswa tentang guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar PPKn. Oleh karena itu lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin aktif siswa belajar dan semakin tingginya persepsi siswa tentang guru dalam mengajar, maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar PPKn, sebaliknya semakin rendah keaktifan siswa belajar dan persepsi siswa tentang guru dalam mengajar, maka akan semakin rendah pula prestasi belajar PPKn yang didapatkan oleh siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar, guru, mengajar, prestasi belajar PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Dec 2008 06:56
Last Modified: 24 Oct 2011 05:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item View Item