PELAKSANAAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS IV DAN V SDIT MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR GUMPANG KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Abdillah, Abdillah (2010) PELAKSANAAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS IV DAN V SDIT MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR GUMPANG KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000070068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img]
Preview
PDF
G000070068.pdf

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar menggunakan metode Active Learning. Hal itu menarik peneliti untuk mengangkat permasalahan “bagaimana pelaksanaan metode active learning dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas IV dan V SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar dan apa faktor penghambat dan pendukung penerapan metode active learning”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode active learning dalam pembelajaran Bahasa Arab dan mengidentifikasi kendala-kendala dan pendukung penerapan metode active learning di kelas IV dan V SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan metode active learning dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan sumber data kepala sekolah, guru, dan siswa di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar. Data dalam penelitian ini didapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga bagian yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan metode active learning dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas IV dan V SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar menggunakan metode yang bervariasi antara lain, yaitu: The Power of Two, Card Sort, Muħâdaśah dan Muţâla’ah. Faktor pendukung yang dimiliki SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar dalam pelaksanaan metode active learning dalam pembelajaran Bahasa Arab meliputi tersedianya media pembelajaran, seperti VCD; adanya praktek, seperti dalam Muħâdaśah; dan adanya penyampaian yang menggunakan alat peraga. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya fasilitas media dalam bentuk laboratorium bahasa, kurangnya penguasaan guru terhadap metode-metode active learning, dan kurangnya partisipasi dari siswa. Kata Kunci: Active Learning, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 14 Jun 2010 08:23
Last Modified: 18 Nov 2019 03:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7438

Actions (login required)

View Item View Item