KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN 2009)

SUYONO, SUYONO (2010) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN 2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000070067.pdf

Download (166kB)
[img] PDF
G000070067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang kompetensi guru pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dan juga digunakan untuk meningkatkan kualitas lulusan peserta didik dari SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan, cara kerjanya dengan mengamati secara langsung dengan melihat proses belajar mengajar di sekolah. Sumber data yang diperoleh berasal dari sumber yang dapat dipercaya yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian sarana prasarana, semua guru pendidikan agama Islam, kepala TU, karyawan dan siswa di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode tersebut penulis gunakan untuk mengetahui tentang kondisi sekolah, inventarisasi sekolah, serta untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa kompetensi guru PAI di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dalam penyusunan rencana pembelajaran baru dikerjakan oleh 2 orang guru dari 4 guru PAI yang ada. Sedangkan kompetensi pengembangan profesi masih kurang dilaksanakan, yang baru terlaksana hanya pengikutan seminar, workshop dan kegiatan pengembangan kurikulum. Kompetensi pelaksanaan interaksi belajar mengajar guru PAI sebagian sudah terlaksana dengan baik, tetapi dalam penggunaan alat peraga masih perlu ditingkatkan untuk membantu pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar. Adapun beberapa kompetensi yang telah dimiliki dengan baik oleh para guru PAI diantaranya: kompetensi penilaian prestasi belajar peserta didik, kompetensi tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar peserat didik, kompetensi pemahaman wawasan kependidikan dan kompetensi penguasaan bahan kajian akademik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI, GURU, PENDIDIKAN, AGAMA ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jun 2010 09:39
Last Modified: 15 Nov 2010 03:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7435

Actions (login required)

View Item View Item