PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN STRATEGI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP KREATIVITAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

WIJAYANTI , DEWI (2010) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN STRATEGI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP KREATIVITAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A220060007.pdf

Download (115kB)
[img] PDF
A220060007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari persepsi siswa mengenai penggunaan sumber belajar dan strategi pembelajaran guru terhadap kreativitas pada mata pelajaran PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2009/2010?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Kartasura. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura Tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 253 siswa. Sampel diambil sebanyak 36 siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda, dan dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: “ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari persepsi siswa mengenai penggunaan sumber belajar dan strategi pembelajaran guru terhadap kreativitas pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2009/2010”, dengan Freg > Ftabel yaitu, 12,046 > 3,285. Variabel persepsi siswa mengenai penggunaan sumber belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 34,0% dan sumbangan efektif 14,4%. Variabel persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru memberikan sumbangan relatif sebesar 66,0% dan sumbangan efektif 27,8%. Dengan demikian nampak bahwa variabel persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kreativitas siswa dibandingkan variabel persepsi siswa mengenai penggunaan sumber belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa mengenai penggunaan sumber belajar, persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru dan kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2010 07:40
Last Modified: 15 Nov 2010 03:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7430

Actions (login required)

View Item View Item