PENGARUH INTENSITAS INTERAKSI ANTARA SISWA DENGAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PURWANINGSIH, WIWIK (2010) PENGARUH INTENSITAS INTERAKSI ANTARA SISWA DENGAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A220060004.pdf

Download (64kB)
[img] PDF
A220060004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari intensitas interaksi antara siswa dengan guru dalam proses pembelajaran dan kelengkapan fasilitas perpustakaan terhadap motivasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun pelajaran 2009/2010?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Kartasura. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 248 siswa. Sampel diambil sebanyak 40 siswa dengan teknik quota purposive proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji keberartian regresi linear ganda, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: “ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari intensitas interaksi antara siswa dengan guru dalam proses pembelajaran dan kelengkapan fasilitas perpustakaan sekolah terhadap motivasi belajar PKn bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2009/2010” dengan Fhitung > Ftabel yaitu 8,001 > 3,252. Variabel intensitas interaksi antara siswa dengan guru dalam proses pembelajaran memberikan sumbangan relatif sebesar 53,5% dan sumbangan efektif 16,1%. Variabel kelengkapan fasilitas perpustakaan sekolah memberikan sumbangan relatif sebesar 46,5% dan sumbangan efektif 14,1%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel intensitas interaksi antara siswa dengan guru dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap motivasi belajar PKn dibandingkan variabel kelengkapan fasilitas perpustakaan sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: intensitas interaksi antara siswa dengan guru dalam proses pembelajaran, kelengkapan fasilitas perpustakaan dan motivasi belajar pendidikan kewarganegaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2010 07:16
Last Modified: 15 Nov 2010 03:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7428

Actions (login required)

View Item View Item