SULARDI, SULARDI (2007) PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100050190.pdf Download (95kB) |
|
PDF
Q100050190.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) |
Abstract
Dalam hal peningkatan mutu pendidikan, guru merupakan sumber daya yang penting. Oleh sebab itu kinerja guru perlu mendapat perhatian optimal, sehingga guru dapat bekerja secara efektif. Untuk mendukung hal tersebut KS perlu memiliki kemampuan kepemimpinan yang tinggi dan menciptakan iklim kerja yang kondusif serta dukungan motivasi. Penelitian ini mengangkat masalah peranan kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan iklim kerja terhadap peningkatan kinerja guru SD negeri di kecamatan semarang utara kota semarang. Secara eksplisit penelitian ini bertujuan: (1) menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) menguji motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) menuji iklim kerja terhadap kinerja guru, dan (4) menguji kepemimpinan KS, motivasi kerja, dan iklim kerja terhadapo kinerja guru. Populasi penelitian ini adalah guru SD Negeri yang berjumlah 183 orang dari 23 SD di kecamatan semarang utara kota Semarang dengan sampel 50 orang secara acak. Penelitian ini mengangkat tiga variabel bebas, yaitu: kepemimpinan kepala sekolah (X1), motivasi kerja (X2), dan iklim kerja (X3), serta variabel terikat yaitu kinerja guru (Y). Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan mengunaka kuesioner. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan statistikan deskriptif, reresi, serta korelasi sederhana dan ganda. Berdasarkan analisis korelasi sederhana dan ganda disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan KS (X1) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan linier Y = 44,195 + 0,698X1 dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,826; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan linier Y = 1,180 + 1,006X2 dan koefien korelasi (r) sebesar 0,761; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim kerja (X3) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan linier Y = 44,218 + 0,559X3 dan kooefisien korelasi sebesar 0,813; (4) pengaruh X1, X2, dan X3 terhadap Y dengan persamaan regresi Y = 12,812 + 0,375X1 + 0,354 X2 + 0,202X3. Dari penelitian ini disarankan: (1) perlunya peningkatan peranan kepemimpinan KS, motivasi kerja dan iklim kerja karena akan mampu meningkatkan kinerja guru, (2) perlunya penelitian lebih lanjut yang serupa dengan perluasan variabel dan juga pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Iklim Kerja dan Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 12 Jun 2010 04:49 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 04:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7414 |
Actions (login required)
View Item |