PENINGKATAN MINAT BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)

ARAHIM, ZAIPUDIN (2006) PENINGKATAN MINAT BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050108.pdf

Download (133kB)
[img] PDF
Q100050108.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)

Abstract

Minat siswa merupakan variabel keberhasilan biologi. Enam puluh persen siswa kelas 3A SMP Negeri 1 Klaten memiliki minat yang rendah dalam belajar biologi, sehingga perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran biologi sekurang – kurangnya menjadi 60% pada kelas tersebut. Peningkatan minat dilakukan dengan strategi pembelajaran Team Games Tournament sebagai salah satu model pembelajaran kooperatif yang memberikan peluang penciptaan kondisi pembelajaran yang menyenangkan dan kondusif bagi siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus terdiri dari tahap – tahap : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan (intervensi), pengumpulan data dan refleksi. Tindakan (intervensi) berupa penerapan pembelajaran kooperatif dengan model permainan Team Games Tournament yang tehniknya disesuaikan dengan tema atau topik yang sedang berlangsung. Media permainan berupa kartu – kartu bergambar disertai aturan permainan yang dimainkan secara berkelompok dan bertanding. Respon kemajuan minat siswa diperoleh dari hasil angket siswa, wawancara siswa, learning log siswa, observasi dengan kegiatan pembelajaran, wawancara antar guru, jurnal guru, hasil ulangan harian dan tugas. Validasi instrumen dilakukan dengan refleksi kritis antar guru peneliti dan secara face validity. Validasi data (hasil) dilakukan dengan triangulasi observasi dari aspek siswa, guru dan guru mitra. Hasil refleksi tiap siklus digunakan untuk merencanakan langkah – langkah lanjutan. Hasil tindakan menunjukkan tingkat minat siswa sebesar 54,43% (siklus 1), 66,54% (siklus 2) dan 78,73% (siklus 3) dari hasil catatan learning logs siswa. Jadi antar siklus terjadi peningkatan minat masing – masing sebesar 12,11% (siklus 1 ke siklus 2), 11,19% (siklus 2 ke siklus 3); 24,30 (siklus 1 ke 3). Sedangkan dari hasil angket menunjukkan tingkat minat siswasebesar 74,72% (siklus 1) dan 81,16% (siklus 1) serta 87,34% (siklus 3), sehingga terjadi peningkatan minat; 6,44% (siklus 1 ke siklus 2); 6,18% (siklus 2 ke siklus 3); 12,62 (siklus 1 ke siklus 3). Secara kualitatif suasana pembelajaran biologi menjadi lebih kondusif dan menciptakan efek – efek positip bagi perkembangan belajar siswa oleh adanya tindakan ini, terutama kegiatan belajar, spontanitas, kerjasama, adu argumentasi, hubungan antar personal. Sampai dengan siklus ke 3 tindakan belum menunjukkan dampaknya secara meyakinkan pada pola peningkatan pencapaian hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Model Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2010 04:05
Last Modified: 24 Oct 2018 01:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7407

Actions (login required)

View Item View Item