HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006

Rokhatun , Siti (2006) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050098.pdf

Download (161kB)
[img] PDF
Q100050098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006 (2) pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006, (3) kreativitas dengan prestasi belajar, (4) minat belajar dengan prestasi belajar, Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitafif deskriptif. Populasi adalah siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006 yang berjumlah 740 siswa, sedangkan sampel penelitian berjumlah 254 diambil berdasarkan tabel Krejcie. Teknik kuesioner (angket) dipakai untuk mengumpulkan data variabel pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar. Teknik dokumentasi dipakai untuk mendapatkan data prestasi belajar. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada hubungan yang positif pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran, 2) ada hubungan yang positif kreativitas dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran, 3) ada hubungan yang positif antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran, 4) ada hubungan bersama-sama yang positif antara pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran. Secara umum variabel prestasi belajar dapat dijelaskan oleh pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar. Koefesien determinan berganda Ry(1,2,3) sebesar 0,276. Hal ini berarti 27,6% varians prestasi belajar (Y) dapat dijelaskan oleh pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dan sisanya 72,4% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti antara lain: disiplin belajar, motivasi belajar, kemandirian belajar, bimbingan belajar, kecerdasan emosional, tingkat intelligensi, dan lain-lain. Koefisien parsial pola asuh orang tua 0,287, koefisien parsial kreativitas sebesar 0.305, koefisien parsial minat belajar sebesar 0,257. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas mempunyai hubungan paling besar dengan prestasi belajar, selanjutnya diikuti oleh minat belajar dan pola asuh orang tua.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orang tua, kreativitas, minat belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2010 03:52
Last Modified: 15 Nov 2010 04:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7403

Actions (login required)

View Item View Item