KONTRIBUSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, SARANA PRASARANA, DAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN KARANGANYAR

W I D O D O, W I D O D O (2006) KONTRIBUSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, SARANA PRASARANA, DAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050082.pdf

Download (197kB)
[img] PDF
Q100050082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)

Abstract

Upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia telah lama dilakukan, walaupun berbagai indikator menunjukkan bahwa kualitas pendidikan masih belum meningkat. Rendahnya kualitas pendidikan dapat disebabkan oleh berbaga faktor, antara lain: rendahnya kualitas guru, kurangnya alat bantu pelajaran, perpustakaan yang bukunya terbatas, pelaksanaan supervisi kepala sekolah yang belum optimal, pengelolaan sekolah yang belum profesional, dan rendahnya anggaran pendidikan. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru antara lain kurangnya pengawasan kepala sekolah sebagai pimpinan, sarana prasarana yang masih kurang, dan kondisi lingkungan di mana mereka bekerja. Untuk itu perlu diadakan penelitian mengenai seberapa jauh hubungan antara faktor-faktor tersebut terhadap kinerja guru, dan untuk mengetahui mana yang paling dominan. Sebagai obyek dalam penelitian ini penulis memilih sejumlah guru SMP N di Kabupaten Karanganyar. Populasi semua guru adalah sebanyak 1.378 orang, yang terdiri dari kepala sekolah, wali kelas, dan guru pengampu. Oleh karena itu sampel dalam penelitian ini secara acak sebanyak 155 guru yang ditetapkan sebagai random sampling. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan mengetahui pengaruhnya supervisi kepala sekolah, sarana prasarana, dan kondisi lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Dari tiga variabel tersebut mana yang paling besar pengaruhnya terhadap kinerja guru SMP N di Kabupaten Karanganyar. Dari penelitian dapat disimpulkan, pada dasarnya bahwa uji validitas dan reliabilitas semua kuesioner telah memenuhi persyaratan. Uji secara bersama- sama ketiga variabel sebesar 37,702, atau lebih besar dari nilai tabel F0,01;151 sebesar 3,91, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama mempunyai pengaruh secara signifikan. Uji koefisien determinasi ketiga variabel sebesar 0,566, artinya ke tiga variabel bebas dapat menjelaskan variasi variabel kinerja guru sebesar 42,8%, dan yang 57,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Dari uji parsial, variabel supervisi kepala sekolah dengan nilai t hitung sebesar 3,846, dan kondisi lingkungan kerja t hitung sebesar 6,909, dibanding nilai tabel α= 0,01 sebesar 2,576, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, sedangkan untuk variabel sarana prasarana dengan nilai t hitung sebesar 1,383 atau lebih kecil dengan t tabel sebesar 2,576, dapat disimpulkan bahwa tidak mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru. Besarnya pengaruh dari masing masing variabel adalah, supervisi kepala sekolah sebesar b= 0,319, sarana prasarana sebesar b= 0,093, dan kondisi lingkungan kerja sebesar b= 0,647, sehingga variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kinerja guru adalah variabel kondisi lingkungan kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Sarana Prasarana, Kondisi Lingkungan, dan Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2010 03:46
Last Modified: 15 Nov 2010 04:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7402

Actions (login required)

View Item View Item