KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK YATIM (Kajian Deskriptif tentang Pembentukan Kemandirian Belajar Anak Asuh di Panti Asuhan Nur Hidayah Banyuanyar Surakarta)

SUGIYONO, ARI (2010) KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK YATIM (Kajian Deskriptif tentang Pembentukan Kemandirian Belajar Anak Asuh di Panti Asuhan Nur Hidayah Banyuanyar Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000050049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img]
Preview
PDF
G000050049.pdf

Download (213kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan kemandirian belajar sampai dengan terbentuknya sikap kemandirian belajar bagi anak yatim di Panti Asuhan Nur Hidayah Banyuanyar Surakarta. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah dapat menjadi sumbangan pengetahuan dan memeperkaya khasanah keilmuan yang berkaitan dengan pembentukan kemandirian belajar anak yatim dan dapat memberikan informasi bagi para pengasuh anak yatim dalam proses penanaman nilai kemandirian belajar sampai terbentuknya sikap kemndirian belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan (Field Research), obyek penelitian ini adalah para pengasuh dan semua anak asuh Panti Asuhan Nur Hidayah yang berjumlah 30 anak dengan berbagai variasi tingkat pendidikannya, yaitu dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai SLTA. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan kualitatif deskriptif (penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan atau lisan). Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses penanaman nilai kemandirian belajar bagi anak asuh di Panti Asuhan Nur Hidayah secara teoritis telah berjalan, hal ini terlihat dari adanya keinginan dan keberanian anak asuh untuk menampilkan minat, kreativitas dan permasalahannya, adanya kesempatan bagi anak asuh untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar, adanya kebebasan dan keleluasaan anak asuh untuk melakukan aktivitas belajar tanpa tekanan pengasuh atau pihak lainnya, adanya usaha dari para pengasuh untuk selalu mendorong semangat dan partisipasi anak asuh untuk belajar mandiri secara aktif, peran pengasuh yang tidak mendominasi proses kegiatan belajar anak asuh, dan adanya kebijakan dari pengasuh untuk memberikan kesempatan kepada anak asuh untuk belajar menurut cara dan keadaannya masing-masing.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMANDIRIAN, BELAJAR, ANAK YATIM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 11 Jun 2010 09:08
Last Modified: 15 Nov 2010 04:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7393

Actions (login required)

View Item View Item