MANAJEMEN KESISWAAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIP) AL MADINAH SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009

HAMDANI, ARFAN (2010) MANAJEMEN KESISWAAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIP) AL MADINAH SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000030050.pdf

Download (165kB)
[img] PDF
G000030050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)

Abstract

ABSTRAK Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIP) Al Madinah Sukoharjo merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah bercirikan Islam. SDIP Al Madinah Sukoharjo memberikan nuansa pendidikan yang terpadu dengan menerapkan kurikulum Pendidikan Nasional (Diknas) dan kurikulum SDIP Al Madinah sendiri. Pendidikan Islam yang diajarkan dan diterapkan di sini adalah pendidikan yang sesuai dengan sunnah Rasulullah shollallohu ’alaihi wa sallam dengan manhaj salafush shalih. Penulis merumuskan permasalahan dengan mengangkat tema tentang pelaksanaan manajemen kesiswaan di SDIP Al Madinah Sukoharjo pada tahun pelajaran 2008/2009. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen kesiswaan yang diterapkan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Madinah Sukoharjo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang prosedurnya menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Data-data dikumpulkan dengan dokumentasi, observasi dan interview yang kemudian penulis susun dalam tulisan ini. Adapun teknik analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif degan metode berfikir deduktif dan induktif. Temuan hasil penelitian ini adalah bahwa SDIP Al Madinah Sukoharjo telah melaksanakan manajemen kesiswaan. Hal ini terbukti dengan telah ditempuhnya program-program manajemen kesiswaan. Aspek-aspek dari manajemen kesiswaan berupa perencanaan kesiswaan, penerimaan siswa baru, pengorganisasian siswa, orientasi siswa baru, pembinaan dan pelayanan siswa, organisasi siswa, penilaian siswa serta mutasi dan alumni telah terlaksana. Adanya faktor-faktor yang mendukung manajemen kesiswaan seperti personalia yang kompak, sarana dan prasarana yang mencukupi, program kerja yang jelas telah memberikan kontribusi yang besar dalam keberhasilan siswa untuk meraih prestasi. Manajemen kesiswaan merupakan bagian yang sangat penting dan sangat menentukan maju tidaknya pendidikan, sehingga mempengaruhi animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke SDIP Al Madinah Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN,KESISWAAN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jun 2010 09:37
Last Modified: 15 Nov 2010 04:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7390

Actions (login required)

View Item View Item