PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH Study Kasus di MI Muhammadiyah Karanganyar 1

ARTOKO, TANDYO (2007) PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH Study Kasus di MI Muhammadiyah Karanganyar 1. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050078.pdf

Download (256kB)
[img] PDF
Q100050078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kepemimpinan tranformasional MPMBS di MIM Karanganyar 1 Kabupaten Karanganyar, mendeskripsikan kendala-kendala yang terjadi dalam mewujudkan kepemimpinan transformasional MPMBS di MIM Karanganyar 1 Kabupaten dan upaya mengatasinya, dan mendeskripsikan dampak pelaksanaan kepemimpinan transformasional MPMBS terhadap mutu pendidikan di MIM Karanganyar 1 Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini dilakukan di MIM Karanganyar 1 Kabupaten Karanganyar dengan informan penelitian yang terdiri dari Kepala MIM, guru, karyawan/penjaga, siswa, Komite Sekolah Kabupaten Karanganyar. Pemilihan informan penelitian dilakukan dengan cara sample bertujuan (purposive sample), yaitu cara pengambilan informan penelitian yang bukan didasarkan atas strata, random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu untuk memenuhi kebutuhan informasi sesuai dengan permasalahan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang telah dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi, memberchek, dan audit trail, peneliti memperoleh gambaran bahwa pelaksaan MPMBS dilaksanakan secara bertahap yaitu: (1) Melakukan sosialisasi (2) Mengidentifikasi tantangan nyata sekolah (3) Merumuskan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah (4) Mengidentifikasi fungsi-fungsiyg diperlukan untuk mencapai sasaran (5) Melakukan analisis SWOT (6) Alternatif langkah pemecahan persoalan (7) Menyusun rencana dan program peningkatan mutu (8) Melaksanakan rencana peningkatan mutu (9) Melakukan evaluasi pelaksanaan (10) Merumuskan sasaran mutu baru. Sedangkan kendala yang dihadapi MIM Karanganyar 1 Kabupaten Karanganyar dalam melaksanakan MPMBS berasal dari intern dan ekstern, teknis maupun non teknis. Kendala-kendala tersebut diupayakan pemecahannya melalui peningkatan kineja kepala sekolah, guru, karyawan, Komite Sekolah dan dinas instansi lain yang terkait. Dengan demikian segala permasalahan yang dihadapi dapat dicarikan follow up/solusi pemecahannya melalui kesadaran dari berbagai pihak dan komponen-komponen terkait dalam pelaksanaan MPMBS tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Manajemen Berbasis Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2010 07:35
Last Modified: 15 Nov 2010 04:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7383

Actions (login required)

View Item View Item