PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TENTANG SEJARAH MASUKNYA AGAMA DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN BAGI SISWA KELAS V SEMESTER I, SDN 01 CANGAKAN KECAMATAN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2008/2009

MARYUNI, , MARYUNI, (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TENTANG SEJARAH MASUKNYA AGAMA DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN BAGI SISWA KELAS V SEMESTER I, SDN 01 CANGAKAN KECAMATAN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A510070473.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img]
Preview
PDF
A510070473.PDF

Download (144kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran Mencari Pasangan (Make a Match) bagi siswa kelas V semester I SD Negeri 01 Cangakan Kabupaten Karanganyar Tahun 2009/2010. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 01 Karanganyar Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 15 siswa. Adapun sample yang diambil adalah 15 siswa, metode pengambilan sample adalah seluruh siswa menjadi sample. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, angket dan catatat dalam Kegiatan Mengajar Belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebelum penelitian (tes awal) pemahaman siswa terhadap pelajaran IPS hanya 46,7% yaitu 7 anak yang tuntas berarti terdapat 53,3% yaitu 8 anak yang belum tuntas., pada siklus I Pemahaman Konsep menjadi 80% yaitu 12 siswa yang tuntas berarti meningkat sebesar 33,3% dan pada siklus II jumlah siswa tuntas menjadi 100% atau naik sebesar 20%. Peningkatan ini bukan hanya dari pemahaman konsep saja tetapi jga dari aspek keaktifan siswa, ini ditunjukkan dengan keaktifan siswa yang mula-mula hanya 55,67% oada siklus I menjadi 81,30% yaitu meningkat 25,6% dan pada siklus II menjadi 89,79 yaitu meningkat menjadi 8,49%. Faktor pendukung keberhasilan penerapan model pembelajaran ini karena siswa sangat senang belajar sambil bermain, disamping itu alat dan bahan yang digunakan mudah diperoleh dan harganya relatif murah, proses pembuatannyapun sangat mudah. Faktor penghambat penerapan model pembelajaran ini adalah terbatasnya buku sumber materi sehingga siswa hanya mengandalkan buku paket yang dimiliki, namun hal ini peneliti sudah memberikan jalan keluarnya dengan meringkas materi dari buku elektronik. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran mencari pasangan (make a match) dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan Keaktifan siswa yang mula-mula hanya 55,67% pada siklus I menjadi 81,30% yaitu meningkat 25,63% dan pada siklus II menjadi 89,79 % yaitu meningkat 8,49% dari siklus I.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran mencari pasangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2010 08:18
Last Modified: 13 Nov 2010 05:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7358

Actions (login required)

View Item View Item