PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA Tahun Ajaran 2009/2010

WAHYUNI , SRI (2010) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210060169.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A210060169.pdf

Download (675kB)

Abstract

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 Sri Wahyuni, A.210060169, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. 2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 110 siswa. Sampel diambil sebanyak 84 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier ganda, uji keberartian regresi linier ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,446 > 1,990 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,473 > 1,990 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 19,309 > 3,109 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel lingkungan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 60,3% dan sumbangan efektif 19,5%. Variabel kecerdasan spiritual memberikan sumbangan relatif sebesar 39,7% dan sumbangan efektif 12,8%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel lingkungan belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel kecerdasan spiritual.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: lingkungan belajar, kecerdasan spiritual dan prestasi belajar ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2010 08:16
Last Modified: 15 Nov 2010 04:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7346

Actions (login required)

View Item View Item