MASHFUFATUN , FAJAR (2010) PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT DAN INTELLIGENCE QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI PLUPUH SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A210060059.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF
A210060059.pdf Download (691kB) |
Abstract
PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT DAN INTELLIGENCE QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI PLUPUH SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009 Fajar Mashfufatun, A210060059, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010, 90 halaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh Emotional Quotient terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) pengaruh Intelligence Quotient terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) pengaruh Emotional Quotient dan Intelligence Quotient terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Plupuh Sragen tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 236 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 siswa dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket.dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Emotional Quotient berpengaruh tarhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VII MTs Negeri Plupuh Sragen tahun pelajaran 2008/2009. Diperoleh dari hasil analisis regresi dengan nilai thitung sebesar 3,640 diterima pada taraf signifikansi 5%; 2) Intelligence Quotient berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VII MTs Negeri Plupuh Sragen tahun pelajaran 2008/2009. Diperoleh dari hasil analisis regresi dengan nilai thitung sebesar 4,448 diterima pada taraf signifikansi 5%; 3) Emotional Quotient dan Intelligence Quotient berpengaruh tarhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VII MTs Negeri Plupuh Sragen tahun pelajaran 2008/2009. Diperoleh dari hasil analisis regresi dengan nilai Fhitung sebesar 18,216 diterima pada taraf signifikansi 5%; Persamaan regresi: Y = 26,322 + 0,373X1 + 0,247X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh Emotional Quotient dan Intelligence Quotient siswa. Variabel Emotional Quotient memberikan sumbangan relatif sebesar 40,96% dan sumbangan efektif 17,9%. Variabel Intelligence Quotient memberikan sumbangan relatif sebesar 59,04% dan sumbangan efektif 25,8%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif dapat dikatakan bahwa variabel Intelligence Quotient memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel Emotional Quotient.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Intelligence Quotient, Emotional Quotient dan prestasi belajar ekonomi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 09 Jun 2010 07:41 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 04:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7340 |
Actions (login required)
View Item |