EVALUASI PROGRAM AKSELERASI DI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN 2006/2007

Rahayu, Sri (2006) EVALUASI PROGRAM AKSELERASI DI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN 2006/2007. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050070.pdf

Download (116kB)
[img] PDF
Q100050070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Akselerasi di SMA Negeri 1 Karanganyar. Fokus penelitian meliputi relevansi program, input, proses, dan produk. Relevansi program terkait dengan kebutuhan belajar siswa. Input meliputi karakteristik siswa, guru, dan sarana prasarana. Proses meliputi aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Produk meliputi kemampuan kognitif, kreatif, keterikatan terhadap tugas, kecerdasan emosi, dan spiritual. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP-Stufflebeam (context, input, process, product). Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Karanganyar dengan subyek penelitian seluruh siswa program akselerasi tahun pelajaran 2006/2007. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data guru, siswa, penyelenggara, serta dokumen. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan melakukan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program Akselerasi sangat relevan dengan kebutuhan belajar siswa untuk menyelesaikan pendidikan di SMA lebih cepat; (2) input ditinjau dari karakteristik guru menunjukkan baik terkait dengan tingkat pendidikan, kesesuaian kompetensi, dan pengalaman mengajar. Karakteristik siswa ditinjau dari kemampuan akademik dan psikologis tinggi. Sarana dan prasarana menunjukkan kondisi sangat baik. Secara umum dapat dikatakan input program Akselerasi adalah baik; (3) proses pembelajaran ditinjau dari keaktifan siswa 27% sangat aktif dan 73% aktif, sedangkan aktivitas guru 64% baik dan 46% sangat baik, namun variasi penggunaan metode pembelajaran dan tingkat penguasaan teknologi informasi masih kurang. Secara umum proses pembelajaran berjalan dengan baik; (4) Produk ditinjau dari prestasi akademik dengan standar ketuntasan belajar minimal 75 sebanyak 33,33% siswa memperoleh nilai dalam kategori sangat baik dan 66,66% baik. Kemampuan menyelesaikan tugas sebanyak 47 % siswa dalam kategori sangat baik dan 53% baik. Kecerdasan emosi dan spiritual siswa secara umum cukup baik. Penelitian ini merekomendasikan program Akselerasi di SMA Negeri 1 Karanganyar memberikan manfaat kepada siswa dan dapat dilanjutkan dengan memperhatikan: (1) perlu diadakan pelatihan pemanfaatan Teknologi Informasi dan mendorong guru untuk menggunakan dalam pembelajaran, (2) perlu diadakan pelatihan pemanfaatan model-model pembelajaran terkini bagi para guru secara berkala agar kualitas proses belajar mengajar maksimal, (3) bekerjasama dengan psikolog sebagai mitra guru pembimbing untuk memberikan pendampingan khusus terkait perkembangan kecerdasan emosi siswa, (4) memberikan beasiswa untuk membantu siswa tidak mampu di kelas akselerasi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, program, akselerasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2010 07:13
Last Modified: 15 Nov 2010 04:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7338

Actions (login required)

View Item View Item