PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI FAKTOR PENDAPATAN DAN PERHATIAN ORANG TUA SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010

OCTAVIANI , SHINTA KUSUMANINGTYAS (2010) PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI FAKTOR PENDAPATAN DAN PERHATIAN ORANG TUA SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050168.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img]
Preview
PDF
A210050168.pdf

Download (141kB)

Abstract

PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI FAKTOR PENDAPATAN DAN PERHATIAN ORANG TUA SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010 Shinta Kusumaningtyas Octaviani A 210 050 168. Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa; 2) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa; 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa; 4) Pengaruh pendapatan dan perhatian orang tua serta motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termaksud jenis penelitian deskriptif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan jumlah siswa sebanyak 74 orang siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket, dokumentasi dan wawancara. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 0,712 + 0,230.X1 + 0,074.X2 + 0,075.X3. Persamaan tersebut menunjukan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pendapatan dan perhatian orang tua serta motivasi belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah : 1) Pendapatan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Nilai thitung X1 sebesar 3,163 diterima pada taraf signifikansi 5%; 2) Perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Nilai thitung X2 sebesar 4,712 diterima pada taraf signifikansi 5%; 3) Motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Nilai thitung X3 sebesar 5,160 diterima pada taraf signifikansi 5%; 4) Pendapatan orang tua, perhatian orang tua serta motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Nilai fhitung sebesar 74,723 diterima pada taraf signifikansi 5%; 5) Hasil uji R2 yang menunjukan besar pengaruh variabel pendapatan orang tua, perhatian orang tua serta motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 76,2%, sedangkan 23,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya kompetensi guru, sarana belajar, lingkungan belajar, dan sebagainya. 6) Sumbangan efektif yang diberikan pendapatan orang tua sebesar 9,8%, perhatian orang tua sebesar 31,3%, dan motivasi belajar sebesar 35,1%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pendapatan dan perhatian orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2010 09:11
Last Modified: 15 Nov 2010 04:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7330

Actions (login required)

View Item View Item