ISWARI , MAGDALENA (2010) PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MANAJEMAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A210050140.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
||
|
PDF
A210050140.pdf Download (77kB) |
Abstract
PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MANAJEMEN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2008/2009 Magdalena Iswari, A.210 050 140 Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Tahun Ajaran 2008/2009, 2. Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Tahun Ajaran 2008/2009 dan 3. Untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Tahun Ajaran 2008/2009 Penelitian dilaksanakan pada Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi. Dalam penelitian ini anggota populasi adalah sebanyak 180 mahasiswa, sampel diambil sebanyak 50 mahasiswa. Data intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar akuntansi manajemen diperoleh melalui dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen diperoleh persamaan regresi : Y = 0,893 + 0,013X1+ 0,019X2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 9,053 > 3,20 (taraf signifikansi 5%) berarti antara intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen. Uji t untuk variabel intensitas pemanfaatan perpustakaan diperoleh thitung > dari ttabel atau 2,684 > 2,01 dan untuk variabel motivasi belajar diperoleh thitung > ttabel atau 2,655 > 2,01 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2008/2009. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,278 ini menunjukkan bahwa variabel intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen sebesar 27,8%. Sedangkan sisanya sebesar 72,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Besarnya sumbangan relatif untuk variabel X1 sebesar 50,4%, untuk X2 sebesar 49,6% dan besarnya sumbangan efektif untuk X1 sebesar 14% dan untuk X2 sebesar 13,8%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : intensitas pemanfaatan perpustakaan, motivasi belajar dan prestasi belajar akuntansi manajemen. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 08 Jun 2010 08:22 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 04:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7324 |
Actions (login required)
View Item |