KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI PENETAPAN TARIF DAN KUALITAS PELAYANAN (DI P.T. KERTA GAYA PUSAKA PERWAKILAN SOLO TAHUN 2008)

Agmuhsurtan, Afirstya (2010) KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI PENETAPAN TARIF DAN KUALITAS PELAYANAN (DI P.T. KERTA GAYA PUSAKA PERWAKILAN SOLO TAHUN 2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A210050044.pdf

Download (469kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh penetapan tarif terhadap kepuasan pelanggan; 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan; 3) pengaruh penetapan tarif dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang menggambarkan keadaan obyek penelitian apa adanya dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di PT. Kerta Gaya Pusaka Perwakilan Solo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT. Kerta Gaya Pusaka Perwakilan Solo. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian populasi karena data populasi yang digunakan hanya berjumlah 50 yang kesemuanya adalah pelanggan. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 2,996 + 0,388.X1 + 0,503.X¬2. Artinya kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh penetapan tarif dan kualitas pelayanan. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Penetapan tarif berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan PT. Kerta Gaya Pusaka Perwakilan Solo. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X1 > ttabel yaitu 3,561 > 2,021 diterima pada taraf signifkansi 5%. Sumbangan efektif penetapan tarif terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 30,9%; 2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan PT. Kerta Gaya Pusaka Perwakilan Solo. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X2 > ttabel yaitu 4,503 > 2,021 diterima pada taraf signifkansi 5%. Sumbangan efektif kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 40,6%; 3) Penetapan tarif dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan PT. Kerta Gaya Pusaka Perwakilan Solo. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 58,825 > 3,23 diterima pada taraf signifkansi 5%. Hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai (R2) sebesar = 0,715 yang artinya penetapan tarif dan kualitas pelayanan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 71,5%, sedangkan 28,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: penetapan tarif, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2010 03:24
Last Modified: 19 Nov 2019 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7315

Actions (login required)

View Item View Item