Analisis Produktivitas Dan Kinerja Lingkungan Pada UKM Batik Laweyan Dengan Green Productivity (Stusi Kasus: UKM Batik Anugrah Purnama dan UKM Batik Tunaruntum)

Kurnianto, Ikhsan Dwi Cahyo Ryan and -, Ir. Etika Muslimah,S.T.,M.M.,M.T. (2019) Analisis Produktivitas Dan Kinerja Lingkungan Pada UKM Batik Laweyan Dengan Green Productivity (Stusi Kasus: UKM Batik Anugrah Purnama dan UKM Batik Tunaruntum). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan .pdf

Download (624kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan)
Surat Pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (996kB)

Abstract

Perkembangan industri batik di Kampoeng Batik Laweyan menuntut para pengusaha batik untuk terus meningkatkan dan memperbaiki kinerjanya agar dapat tetap bertahan dan berkompetisi dengan industri lainnya. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan produktivitas. Dengan produktivitas dapat diketahui bagaimana kinerja sebuah perusahaan secara keseluruhan dan sebagai tolak ukur untuk melakukan perbaikan yang berkelanjutan Selain berdampak positif terhadap perekonomian, industri batik juga memiliki dampak dalam segi lingkungan. Dampak lingkungan tersebut disebabkan karena proses produksi yang mengakibatkan pembuangan material dan energi yang membebani lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur produktivitas dan kinerja lingkungan dari UKM Batik Ogut, UKM Batik Anugrah Purnama dan UKM Batik Tunaruntum. Green productivity merupakan suatu strategi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dan performansi lingkungan secara bersamaan di dalam pembangunan sosial-ekonomi secara menyeluruh. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan produktivitas dan kinerja lingkungan dari ketiga UKM batik tersebut dan membuat upaya penanganan limbah berupa filtrasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada Ukm Batik Ogut, Ukm Batik Anugrah Purnama dan Ukm Batik Tunaruntum didapatkan produktivitas dari ketiga ukm pada bulan Januari 2019 adalah: 205%, 172% dan 610%. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan manajemen material berupa penggunaan kembali (reuse) lilin malam dan mengganti bahan bakar untuk proses lorod dengan menggunakan gas. Berdasarkan perhitungan produktivitas didapatkan produktivitas ketiga ukm meningkat menjadi: 249% , 208% dan 664%. Setelah adanya penanganan limbah cair, nilai indeks environmental performance indicator (EPI) dari ketiga ukm meningkat dari -0.363, -1.415, -3.285 menjadi 0.219, -0.032, -0.77.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Green Productivity, Batik, Kinerja Lingkungan, Filtrasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: IKHSAN DWI CAHYO RYAN KURNIANTO
Date Deposited: 15 May 2019 08:39
Last Modified: 15 May 2019 08:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/73038

Actions (login required)

View Item View Item