SAIFURROHMAN, SAIFURROHMAN (2006) KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH STUDI KASUS DI SMA WALISONGO PECANGAAN KABUPATEN JEPARA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100050047.pdf Download (90kB) |
|
PDF
Q100050047.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Kepemimpinan Kepala sekolah dalam: (1) Perencanaan (planning), (2) Pengorganisasian (organizing), (3) Pengerahan (actuating), dan (4) pengawasan (controlling) Pembelajaran di SMA Walisongo Pecangaan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Naturalistik. Data dikumpulkan melalui observasi, interview, dan dokumentasi dengan melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan para guru SMA Walisongo. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan melakukan catatan lapangan, reduksi data, display dan verifikasi. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah SMA Walisongo efektif. Hal ini berkaitan dengan technical skill, human skill, dan conceptual skill yang baik dimilikinya; pendekatan kepemimpinan transformasional-instruksionalnya dan dukungan formal maupun informal yang kuat dalam manajemen pembelajaran (yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengerahan, dan pengawasan pembelajaran ) sehingga tercipta efektifitas pembelajaran yang diindikasikan terwujudnya kepuasan kebutuhan guru dan siswa, tercipta kegiatan belajar mengajar yang kondusif, tercapainya tujuan pembelajaran; berhasilnya kepala sekolah menjadikan SMA Walisongo sebagai salah satu sekolah favorit swasta di kecamatan Pecangaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Pembelajaran, SMA Walisongo |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2010 07:28 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 05:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7302 |
Actions (login required)
View Item |