WARNOTO , WARNOTO (2005) KONTRIBUSI KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, SUPERVISI KLINIS DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP KECAMATAN JATIPURNO KAB.WONOGIRI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100050024.pdf Download (88kB) |
|
PDF
Q100050024.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan harus mengacu pada standar mutu berdasarkan kompetensi lulusan yang tidak terlepas dari mutu kegiatan belajar mengajar di sekolah yang dilaksanakan oleh para guru serta peran mangerial Kepala Sekolah, ditengah era globalisasi yang semakin menguasai perkembangan dan perubahan dunia, maka kualitas manusia merupakan faktor dominan bagi pembangunan berbagai sektor penting, menghadapi hal ini percepatan laju pembangunan semakin memperkuat aspirasi masyarakat terhadap pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : pengaruh simultan dan partial dari kemampuan manajerial Kepala Sekolah, supervisi klinis dan kinerja guru terhadap mutu kegiatan belajar mengajar pada SMP Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri. Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri dan Swasta pada Kecamatan Jatipurno. Besar populasi dalam penelitian ini adalah 163 orang dengan jumlah responden 153 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, Metode analisis data menggunakan regresi linier ganda dengan tiga prediktor, dan uji hipotesis menggunakan uji F (anova) dan uji t. Hasil penelitian yaitu : (1) ada pengaruh yang signifikan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Supervisi Klinis dan Kinerja Guru terhadap Mutu Kegiatan Belajar Mengajar. Temuan F hitung adalah (0’000) lebih kecil dari dari F tabel (0,05), (2) ada pengaruh yang signifikan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Mutu Kegiatan Belajar Mengajar dibuktikan t1 hitung (2,233) lebih besar dari t tabel (0,148), (3) ada pengaruh yang signifikan Supervisi Klinis terhadap Mutu Kegiatan Belajar Mengajar dibuktikan t2 hitung (3,445) lebih besar dari t tabel (0,158), (4) ada pengaruh yang signifikan Kinerja Guru terhadap Mutu Kegiatan Belajar Mengajar dibuktikan t3 hitung (2,955) lebih besar t tabel (0,118); (5) Kontribusi ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat Adjusted r 2 sebagai koefisien determinasi, dapat dijelaskan oleh ketiga variabel, sedang sisanya (100% - 61,6% = 38,4%) yang 38,4% dijelaskan oleh faktor-faktor yang lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Supervisi Klinis, Kinerja Guru, dan Mutu Kegiatan Belajar Mengajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2010 07:16 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 05:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7300 |
Actions (login required)
View Item |