MANAJEMEN PENYELENGGARAAN KELAS AKSELERASI DALAM LAYANAN ANAK BERBAKAT DI SMP NEGERI I WONOGIRI

Sentot , Sentot (2006) MANAJEMEN PENYELENGGARAAN KELAS AKSELERASI DALAM LAYANAN ANAK BERBAKAT DI SMP NEGERI I WONOGIRI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050012.pdf

Download (106kB)
[img] PDF
Q100050012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap mengungkap pemahaman pihak sekolah tentang ketentuan penyelenggaraan program percepatan belajar, mengetahui manajemen penyelenggaraan program percepatan belajar yang meliputi: 1) rekrutmen siswa akselerasi, 2) kegiatan pembelajaran dan 3) evaluasi dan laporan hasil belajar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pobservasi untuk melihat secara langsung, metode wawancara untuk mendapatkan data tentang manajemen penyelenggaraan program akselerasi, dokumentasi digunakan untuk melengakapi data-data yang terkait dengan ketentuan pembelajaran program aklselerasi, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah sebagai key informan, dan guru sebagai informan biasa. Hasil penelitian tersebut adalah sebagai berikut, pertama, tentang ketentuan penyelenggaraan program akselerasi, dipahami oleh Kepala Sekolah. Kedua, rekrutmen siswa yang masuk program akselerasi adalah calon siswa sebelum masuk program akselerasi, mengikuti seleksi tes umum untuk menjadi siswa SMP Negeri I Wonogiri untuk menjadi siswa kelas regular, baru diadakan tes masuk kelas akselerasi bagi siswa yang sudah lulus tes masuk kela regular dengan didasarkan pada Tes Intelegensi (IQ), Tes Kreativitas ( CQ), Tes Kecerdasan Emosional (EQ), Tes Komitmen (TC), Skor Akademis dan Tes Kesehatan. Ketiga, Guru yang mengajar pada kelas akselerasi dipilih oleh Kepala Sekolah, dengan persyaratan-persyaratan disesuaikan dengan ketentuan dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Kurikulum dipilih yang esensial dan tidak esensial, tidak semua materi dalam kurikulum disampaikan dalam bentuk tatap muka tetapi bisa dengan penugasan, tahun pertama siswa mempelajari seluruh materi kelas satu ditambah setengah materi kelas dua, di tahun ke dua siswa mempelajari setengah materi kelas dua dan ditambah seleruh materi kelas tiga Keempat, Evaluasi yang digunakan pada kelas akselerasi meliputi: 1) ulangan harian, setiap guru minimal memberikan ulangan harian tiga kali dalam setiap semester, soalnya berupa pilihan ganda dan uraian, b) ulangan umum, diberikan lebih cepat dibanding siswa regular sesuai dengan kalender akademik pada siswa akselerasi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Akselerasi, Anak Berbakat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2010 07:02
Last Modified: 15 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7298

Actions (login required)

View Item View Item