SUTRISNO, SUTRISNO (2006) PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DASAR DI SD NEGERI BRATAN I SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100040131.pdf Download (207kB) |
|
PDF
Q100040131.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ciri-ciri pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi, mengetahui ciri-ciri pengelolaan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan mengetahui ciri-ciri sekolah yang telah menyelenggarakan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Sekolah Dasar Negeri Bratan I Surakarta Tempat penelitian di SD Negeri Bratan I Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptip kualitatif bidang pendidikan. Data penelitian berupa data kuanlitatif yang diperoleh dengan teknik wawancara. Untuk mendapatkan ketepatan hasil penelitian dilaksanakan triangulasi sumber. Pelaksanaan KBK di SD Negeri Bratan I Surakarta dilaksanakan secara terpadu untuk kelas I dan kelas IV. Dalam pengertian semua guru memiliki kewajiban, tanggung jawab, dan komitmen yang tinggi dalam aktualisasi KBK sesuai dengan bidangnya. Hal tersebut dapat diketahui dari pendesainan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Selain itu juga ditandai pemilihan media, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran seperti contextual teaching and learning, life skill, quantum learning dan quantum teaching, serta berbagai pendekatan yang lainnya. Stakeholder kelas I dan kelas IV di SD Negeri Bratan I Surakarta relatif telah melakukan aktivitas belajar dengan menggunakan KBK. Aktivitas tersebut tersebut dapat diketahui dari penyiapan perangkat KBK (standar kompetensi, silabus, rencana pembelajaran dan sistem penilaian berbasis kelas). Kesemuanya diperoleh dari pusat kurikulum Balitbang Depdiknas dan aktivitas diskusi menelaah berbagai fenomena mengenai KBK yang diperoleh dari media massa maupun elektronik. Guru kelas I dan kelas IV di SD Negeri Bratan I Surakarta dalam melaksanakan pembelajaran selalu aktif, kreatif dan inovatif. Dan ditunjang dengan berbagai fasilitas pendukung pembelajaran, juga dalam penilaian guru menggunakan ranah kognitif, efektif dan psikomotor. Siswa aktif, kritis, dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Penyelenggaraan Pendidikan Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 05 Jun 2010 05:15 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 05:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7296 |
Actions (login required)
View Item |