HARTANTI , TRI (2006) KONTRIBUSI MOTIVASI BERPRESTASI, USIA, PERILAKU KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI, DAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DASAR TERHADAP EFEKTIVITAS KEPEMIMPINANNYA DI KECAMATAN LAWEYAN SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100040130.pdf Download (63kB) |
|
PDF
Q100040130.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kontribusi motivasi berprestasi terhadap efektivitas kepemimpinan; 2) kontribusi usia terhadap efektivitas kepemimpinan; 3) kontribusi perilaku komunikasi antar pribadi terhadap efektivitas kepemimpinan; 4) kontribusi kompetens i terhadap efektivitas kepemimpinan terhadap efektivitas kepemimpinan; dan 5) kontribusi motivasi berprestasi, usia, perilaku komunikasi antar pribadi dan kopetensi secara bersama- sama terhadap efektivitas kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Laweyan Surakarta. Populasi penelitian terdiri dari 55 orang kepala Sekolah Dasar. Sampel dalam penelitian berjumlah 49 orang yang dipilih menggunakan teknik proportional cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, yaitu dengan cara memberikan daftar pertanyaan atau angket kepada responden. Hasil jawaban tersebut selanjutnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diambil melalui kuesioner adalah data mengenai motivasi berprestasi, usia, perilaku komunikasi antar pribadi dan kompetensi kepala sekolah. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menyimpulkan: 1) motivasi berprestasi mempunyai kontribusi positif dan signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t = 2,466 dengan p < 0,05; 2) Usia tidak mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t = = -0,303 dengan p > 0,05; 3) komunikasi antarpribadi mempunyai kontribusi positif dan signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t = 2,144 dengan p < 0,05; 4) kompetensi mempunyai kontribusi positif dan signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t = 2,805 dengan p < 0,05; dan 5) motivasi berprestasi, usia, komunikasi antarpribadi, dan kompetensi secara bersama-sama mempunyai kontribusi positif dan signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Laweyan Surakarta. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji F = 9,747 dengan p < 0,05. Hasil analisis Koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,470 menunjukkan bahwa motivasi berprestasi, usia, komunikasi antarpribadi dan kompetensi secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap efektivitas kepemimpinan Kepala SD di Kecamatan Laweyan Surakarta sebesar 47%, sedangkan sisanya sebesar 53% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Motivasi berprestasi, usia, perilaku komunikasi antar pribadi, kompetensi, dan efektivitas kepemimpinan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 05 Jun 2010 05:12 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 05:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7295 |
Actions (login required)
View Item |