STRATEGI KOGNITIF, KECERDASAN EMOSIONAL DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA GURU NEGERI DI SMP NEGERI DI KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR

SUPARDI , SUPARDI (2006) STRATEGI KOGNITIF, KECERDASAN EMOSIONAL DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA GURU NEGERI DI SMP NEGERI DI KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100030060.pdf

Download (93kB)
[img] PDF
Q100030060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh strategi kognitif terhadap kinerja guru negeri di SMP Negeri di Kecamatan Jatipuro. 2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru negeri di SMP Negeri di Kecamatan Jatipuro. 3) Untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru negeri di SMP Negeri di Kecamatan Jatipuro. 4) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama strategi kognitif, kecerdasan emosional dalam interaksi sosial, dan latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru negeri di SMP Negeri di Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Sesuai dengan tujuan penelitian, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitafif. Populasinya guru Negeri di SMP Negeri di Kecamatan Jatipuro tahun pelajaran 2005/2006. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik kuesioner dan Lembar Penilaian Kinerja Guru (LPKG). Teknik kuesioner (angket) dipakai untuk mengumpulkan data variabel strategi kognitif, kecerdasan emosional, dan latar belakang pendidikan. Sedangkan LPKG digunakan untuk mengetahui kinerja guru. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang positif strategi kognitif terhadap kinerja guru negeri di SMP Negeri di Kecamatan Jatipuro, (2) ada pengaruh yang positif kecerdasan emosional terhadap kinerja guru negeri di SMP Negeri di Kecamatan Jatipuro, (3) ada pengaruh yang positif latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru negeri di SMP Negeri di Kecamatan Jatipuro, (4) ada pengaruh secara simultan yang positif strategi kognitif, kecerdasan emosional, dan latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru negeri di SMP Negeri di Kecamatan Jatipuro. Variabel kinerja guru (Y) dapat dijelaskan oleh strategi kognitif (X1), kecerdasan emosional (X2), dan latar belakang pendidikan (X3). Koefesien determinan berganda Ry(1,2,3) sebesar 0,623. Hal ini berarti 62,3% varians kinerja guru (Y) dapat dijelaskan oleh strategi kognitif (X1), kecerdasan emosional (X2), dan latar belakang pendidikan (X3). dan sisanya 37,7% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti antara lain: disiplin kerja, motivasi kerja, kepuasan kerja, kreativitas, kepemimpinan kepala sekolah, dan lain-lain. Nilai konstanta sebesar 1,000 menunjukkan nilai rata-rata Y apabila X1, X2 dan X3 nol.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kognitif, Kecerdasan Emosional, Latar Belakang Pendidikan, dan Kinerja Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2010 08:35
Last Modified: 15 Nov 2010 05:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7287

Actions (login required)

View Item View Item